Malaysia Haramkan Yoga

Senandung Saat Yoga Juga Menyehatkan

VIVAnews - Ada kemungkinan yoga dinyatakan haram? Tampaknya, hal ini membuat banyak penikmat olahraga yang digandrungi seleb Hollywood satu ini resah. Sebab, cukup banyak orang yang sudah menerima khasiat olah tubuh asal India ini.

Menurut Mony Suryani, instruktur yoga sekaligus pemilik studio Yoga Bikram @42 derajat di kawasan Kemang, yoga itu banyak manfaatnya. Mulai dari memperbaiki postur tubuh, melancarkan peredaran darah, hingga meredam stres.

Mony juga menambahkan, yoga melatih Anda lebih relaks. Latihan relaksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel.  Ada gerakan dalam yoga yang baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pendek kata, yoga banyak manfaatnya untuk tubuh.

“Memang, metode yoga yang saya jalankan lebih dilatih secara fisik. Gerakan-gerakan yoga bikram dilakukan di dalam ruangan tertutup bersuhu 42 derajat Celcius. Tapi, saya juga mempelajari dasar-dasar yoga. Olah tubuh ini memang berasal dari negara yang mayoritas penduduknya memeluk satu kepercayaan. Jadi, sebagian besar ritualnya memang menggunakan posisi, musik atau mantra kepercayaan tersebut. Tapi, dari segi kesehatan, ritual itu justru sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar Mony.

Misalnya, saat pada beberapa posisi yoga, peserta diminta bersenandung. Proses ini baik untuk kesehatan. Suara yang dikeluarkan ketika melakukan gerakan ini, bisa sebagai terapi suara. Hanya lewat getaran suara, kelenjar tenggorokan bisa disentuh, sehingga otot-otot suara menjadi relaks. Secara tidak langsung juga bisa membuat tubuh menjadi relaks.

“Jadi bukan berarti, saat beryoga kita ikut menganut aliran tertentu. Semuanya itu tergantung niat dari orang yang menjalani. Dari pengamatan saya, hampir semua orang yang beryoga karena ingin sehat. Mulai dari ingin meredam stres, lebih fit,  hingga terapi penyakit kanker,” kata Mony. 

Masih banyak lagi manfaat dari gerakan yoga, Mony menambahkan, di antaranya:

Melindungi tulang punggung
Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredam kejut antartulang belakang juga butuh dilatih. Jika rajin berlatih gerakan-gerakan yoga, Anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih fleksibel.

Mencegah osteoporosis
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yoga yang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri, sehingga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.

Menjaga kesehatan jantung
Saat melakukan yoga, Anda meningkatkan detak jantung. Walaupun yoga tidak meningkatkan detak jantung yang dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular, penelitian menemukan, bahwa latihan yoga menurunkan tingkat jantung istirahat, meningkatkan stamina, dan memperbaiki asupan oksigen maksimum ketika olahraga.

Menurunkan berat badan
Latihan yoga membantu Anda bergerak dan membakar kalori. Sisi spiritual dan emosi yoga mendorong Anda untuk melihat masalah makan dan berat badan lebih mendalam. Yoga juga menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono diduga mengabaikan Peraturan Presiden tentang pengelolaan sampah menjadi listrik. Heru dinilai membiarkan fasilitas p

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024