Olahraga Berlebihan Sebabkan Kemandulan?

Tanya:
Setelah 2 tahun menikah, saya (31) dan suami belum juga dikaruniai anak. Kami memang belum memeriksakan diri ke dokter. Di samping itu, saya punya hobi aerobik dan capoeira. Olahraga itu hampir saya lakukan setiap hari. Belakangan saya dinasehati beberapa teman untuk mengurangi kegiatan ini karena kemungkinan bisa menyebabkan mandul. Apakah benar? Olahraga apa yang aman bagi kesehatan reproduksi?

frxxx@gmail.com

Jawab:
Sebenarnya aktivitas fisik atau olahraga tidak mempunyai hubungan langsung dengan kemandulan. Gagalnya terjadi kehamilan dapat disebabkan faktor organik dan fungsi alat reproduksi, termasuk keseimbangan hormonal Anda dan suami. Bila Anda berdua telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa pencegahan apapun selama minimal 1 tahun, dan tidak terjadi kehamilan, maka Anda dan suami perlu menjalani pemeriksaan kesehatan organ reproduksi.

Tapi, jika Anda sudah berolahraga melampaui batas, dan dilakukan dalam waktu lama, kondisi ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi siklus haid Anda. Jika intensitas olahraga terlalu tinggi, menyebabkan banyak lemak dalam tubuh terbakar.

Padahal, lemak dalam tubuh berfungsi memproduksi estrogen. Jadi, wanita yang memiliki lemak terlalu sedikit, tubuh tidak bisa secara teratur berovulasi, sehingga dapat mengakibatkan haid terhenti (amenorrhea). Kondisi ini juga berujung pada infertilitas. Bila tidak terjadi ovulasi dalam organ reproduksi, kehamilan juga akan sulit terjadi.

Jadi, selain Anda dan suami perlu menjalani tes kesuburan, sebaiknya Anda juga mengurangi intensitas olahraga dari yang biasa dijalani. Selama Anda mencoba mendapatkan momongan, ada baiknya Anda juga memilih olahraga yang lebih ringan, seperti yoga, jalan kaki, sehingga tidak terlalu membuat Anda kelelahan berlebihan.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Kejadian kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 18 April 2024 mal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024