Efek Tak Terduga pada Kulit Akibat Stres

VIVAnews - Stres yang Anda alami bisa berdampak pada kesehatan dan penampilan. Kulit bisa mengalami perubahan drastis dan tidak sehat. Efek stres memang bisa langsung terlihat dari kondisi kulit Anda.

- Kering dan kusam
Stres kronis bisa meningkatkan hormon cortisol, yang mengurangi kemampuan kulit untuk menahan air. Hal tersebut menurut Peter Elias, MD, seorang dermatologis dariĀ  University of California, San Francisco, Amerika Serikat. Akibatnya, kulit menjadi kering dan terlihat kusam karena kekurangan air. Perbanyak minum air putih dan konsumsi sayur dan buah, serta menggunakan juga pelembab kulit.

- Garis wajah terlihat jelas
Cortisol memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Kadar gula yang tinggi bisa merusak kolagen dan elastin melalui proses yang dinamakan glycation. Akibatnya elastisitas kulit menjadi berkurang dan garis-garis wajah atau keriput terlihat jelas. Solusinya Anda bisa menggunakan krim pelembab wajah yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu konsumsi juga makanan yang banyak mengandung vitamin E dan antioksidan.

- Kemerahan
Saat stres aliran darah meningkat dan pembuluh darah kapiler mengembang,kulit wajah pun terlihat kemerahan. Stres juga menurunkan sistem imunitas dalam tubuh sehingga membuat seseorang mudah terkena penyakit.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024