Terinfeksi Virus Saat Hamil

Tanya:
Saya (32) sedang hamil 7 bulan. Belakangan, pada organ intim saya kerap mengeluarkan cairan yang berwarna kekuningan, dan disertai rasa perih dan panas di daerah itu.

Setelah menjalani tes laboratorium, hasilnya dinyatakan adanya infeksi Trichomonas pada kandungan saya. Apakah kondisi tersebut berbahaya bagi kandungan saya? Bagaimana bisa sampai saya terkena, dan apakah bisa diobati?

txxx@yahoo.com
 
Jawab:

Dari tanda-tanda yang Anda alami, kemungkinan besar Anda terinfeksi Trichomonas vaginalis. Yaitu, virus golongan protozoa (hewan bersel satu), yang dapat menimbulkan infeksi pada daerah vagina. Gejalanya memang agak mirip dengan keputihan, tapi biasanya yang sudah parah, seperti cairannya  kekuningan, berbau, bahkan bisa menyebabkan vagina gatal-gatal, kemerahan hingga membengkak.

Penyebab dari infeksi ini belum diketahui secara jelas. Ada kemungkinan Anda mengalami infeksi ini melalui penularan dari pasangan seksual. Sebab, cara penularannya yang paling cepat adalah melalui hubungan intim.

Anda tidak perlu khawatir, sebab infeksi ini bisa disembuhkan dengan pemberian obat-obatan golongan metronidazol, yang dapat diberikan secara oral (diminum) atau secara lokal (dimasukkan ke dalam vagina. Karena itu, bila Anda mendapat pengobatan secara cepat dan tepat, kecil sekali kemungkinan, infeksi ini akan berdampak pada janin dalam kandungan Anda.

Namun, sebaiknya pemberian obat ini harus dengan resep dokter. Maka itu, saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan. Pasalnya, pemberian obat-obatan pada wanita hamil tidak boleh sembarangan, harus berhati-hati. Tapi, pemberian obat untuk mengobati infeksi yang Anda alami ini cukup aman, mengingat usia kandungan Anda sudah melebihi trisemester kedua. Dan, karena penyakit ini menular melalui hubungan seksual, saya juga menganjurkan suami Anda juga menjalani pengobatan yang serupa.

Konsultan: dr. Aryo Wicaksana, SpOG

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024