Kecanduan Seks Bisakah Disembuhkan?

VIVAnews - Semenjak Tiger Wood diduga mengalami kecanduan seks, topik satu ini mulai marak dibicarakan. Sebenarnya, apa penyebab kecanduan seks, dan bisakah disembuhkan?

Kecanduan seks atau hiperseks termasuk kategori penyimpangan seksual. Memang susah disembuhkan, tetapi bukan berarti tak mungkin. Terlebih banyak kasus itu lebih berkaitan dengan masalah kejiwaan, ketimbang masalah fisik.

Jadi, jalan terbaik bila pasangan Anda menunjukkan gejala kecanduan seks, Anda membawanya berkonsultasi, sekaligus melakukan evaluasi lebih jauh untuk memastikannya kepada psikiater atau psikolog. Setidaknya mereka ini bisa mengetahui kondisi kejiwaan pasangan Anda.

Dari segi kejiwaan, ada empat sebab yang bisa menimbulkan kecanduan seks, yaitu :

- perasaan rendah diri (inferiority). Misalnya, pasangan Anda tak kunjung memberikan kontribusi bagus untuk kehidupan rumah tangga, atau memiliki latar belakang keluarga, status sosial, atau pendidikan yang lebih rendah dari Anda, dia bisa melampiaskan rasa
rendah diri ini dengan ‘kegagahan' di tempat tidur.

- Terobsesi oleh seks, tetapi sebenarnya dalam dirinya timbul konflik karena sadar terobsesi oleh seks itu tidak baik.

- Gangguan jiwa, yang menganggap dirinya yang paling hebat, termasuk dalam hal seks.

- Seks sebagai satu-satunya cara berkomunikasi. Biasanya terjadi pada pasangan yang tidak mampu membuka diri dan berkomunikasi dengan baik. Jadi, kalau dia mau berkomunikasi, ujung-ujungnya lewat hubungan intim.

- Pelepas ketegangan. Pada pekerjaan dengan tingkat stres tinggi, seringkali melampiaskan ketegangan dengan cara berhubungan seksual.

Nah, terapi kecanduan seks ini dari segi kejiwaan dipakai metode Cognitive BehaviourTherapy (CBT), yaitu terapi psikologis yang menghubungkan emosi (pikiran) seseorang dengan perilaku dan lingkungannya. Jadi si terapis kejiwaan itu mencoba menggali apa yang ada di dalam pikiran pasien, agar bisa diberikan terapi yang tepat.

Antara lain akan diajukan pertanyaan: apa yang membuat Anda bergairah? Apa artinya seksual bagi Anda? Apa sebenarnya kehidupan seksual dalam perkawinan dan apa maknanya?

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024