Awasi Tanggal Kadaluarsa Kosmetik Anda

VIVAnews - Peralatan kosmetik untuk kecantikan di rumah terkadang tidak terkontrol tanggal kadaluarsanya. Hal ini bisa berakibat fatal untuk kulit dan tubuh Anda jika tetap digunakan.

Untuk  menghindari kerusakan pada kulit dan tubuh Anda cek peralatan kosmetik yang ada di meja rias, mulai dari sekarang.

Cek tanggal kadaluarsa

Semua produk perawatan pribadi mempunyai batas waktu penggunaan. Apalagi kebanyakan sabun dan shampoo yang Anda gunakan untuk merawat kulit dan rambut menggunakan bahan pengawet. Pastinya jika digunakan setelah melewati batas kadaluarsanya akan meberikan efek negatif pada bagian tubuh.

Seiring waktu, bahan-bahan aktif dalam produk-produk bodycare  secara  alami akan hilang keampuhannya. "Anda mungkin melihat rambut Anda tidak mengkilap atau kulit Anda kering meskipun menggunakan body lotion," kata Joyce Carboni, pendiri dan director of Skinsational Skin & Body Spa  di Carlsbad, California.

Selain mengubah efektivitas fungsinya, para ahli juga mengatakan bahwa  out-of-date pada produk-produk kecantikan  dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Produk kadaluarsa membawa bakteri yang dapat mengakibatkan bahaya.  Misalnya, ketika lipstick yang Anda gunakan telah melewati batas kadaluarsanya mungkin pada saat goreskan ke bibir bisa menimbulkan iritasi, tergores, atau terluka, dan bisa pula daerah sensitif disekitar bibir seperti mata dan kulit bisa terkena imbasnya. "Hasilnya bisa ruam, iritasi, berjerawat, dan infeksi," kata Carboni.

Penyimpanan

Selain usia produk kecantikan Anda, bagaimana Anda menyimpan mereka juga mempengaruhi efektifis fungsi di alat kecantkan tersebut. Kimberly Sayer,ahli  kimia organic di London mengatakan, tempat yang sejuk dan kering atau lemari obat bisa menjaga alat –alat kosmetik Anda berfungsi lebih lama. Dan perlu diingat, sinar matahari juga bisa merusak  produk kecantikan Anda.

Dan  meskipun beberapa produsen menyarankan tetap menjaga produk perawatan pribadi di dalam lemari es, tapi jangan langsung diikuti. Anda wajib melakukan penyimpanan di dalam lemari es jika ada label bertuliskan demikian.

Sebab ada beberapa produk yang jika disimpan dalam lemari pendingin justru bisa mengubah struktur molekul yang ada pada produk itu. Jadi jangan sembarang menyimpan obat ataupun produk kecantikan di dalam lemari es.

Selain  melihat tanggal kadaluarsa,dan memperhatikan tempat penyimpanan  gunakan juga  indra lain untuk menilai kelayakan produk. Jika telah mulai terpisah, bau aneh, warna berubah, atau tampak aneh Anda patus waspada.

Sebab produk kimia yang masih bisa  digunakan tidak boleh ada perubahan baik dalam penampilan fisiknya atau dalam warna, bau atau tekstur selama masa penyimpanan.

Untuk lebih waspada terhadap produk kecantikan yang ANDA miliki ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

• Mascara, krim mata, tetes mata pelumas, masa penyimpanan  tiga sampai empat bulan

• Sunscreen: sampai dua tahun jika disimpan di tempat yang sejuk, lokasi gelap

• Shampoo dan conditioner: dua tahun, tetapi jika terkena air dapat mengurangi masa penggunaannya.

• Moisturizer: sampai enam bulan, tergantung pada bahan; botani-atau berbahan dasar minyak esensial bisa berlangsung tiga sampai empat bulan

• Deodorant: Meskipun bisa berlangsung lebih lama, tapi paling baik digunakan pada tahun pertama.

• Body lotion: tiga sampai empat bulan

• Lip balm: Jika disegel kembali setelah digunakan dan disimpan di tempat yang sejuk, lokasi kering,bisa bertahan  tiga bulan .

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu
Ilustrasi lahan.

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

Dalam hal ini Alson selaku juru bicara Polres Bintan, jelaskan bahwa pemanggilan Hasan sebagai saksi terkait kasus dugaan pemalsuan surat lahan di Kecamatan Bintan Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024