Olahraga Ringan untuk Kesehatan Sendi

VIVAnews - Banyak orang salah kaprah, dengan hanya mementingkan aktivitas olahraga utama. Tanpa olahraga utama, tubuh memang tidak terlatih maksimal. Tapi, melatih persendian juga tak kalah pentingnya. Meski hanya berupa gerakan peregangan, jika tidak rutin dilakukan, bisa mengakibatkan kondisi lutut rapuh. Tidak hanya memancing cedera, tapi juga memengaruhi kondisi organ tubuh di hari tua.

Kondisi rentan pada persendian terjadi setelah menginjak usia 40 tahun. Namun, agar gangguan sendi tidak mengganggu aktivitas Anda nantinya, perawatannya harus dimulai sejak usia 20an.
 
Yang perlu Anda tahu, penyakit pada tulang dan sendi itu berbeda. Gangguan kesehatan tulang dikenal dengan osteoporosis, sementara gangguan kesehatan lutut disebut osteoartrosis. Jadi, otomatis fungsi dan penyakitnya pun berbeda.
 
Untuk menjaga kesehatan sendi, termasuk lutut, beda lagi jenis olahraganya. Agar tidak terjadi osteoarthrosis, olahraga yang tidak berat bagi penderita kegemukan harus diperhatikan. Pasalnya, sendi bekerja menahan beban tubuh. Karenanya, kapasitas kerjanya bergantung pada bobot yang ditopangnya. Jika terlalu berat, maka persendian dipaksa bekerja lebih keras.
 
Dalam berolahraga, penting melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menjaga persendian. Senam peregangan bukanlah olahraga inti. Sebab, gerakan yang dilakukan tidak maksimal mengolah tubuh, melainkan hanya untuk kelenturan. Komponen dari olahraga sendiri banyak ragamnya, antara lain kekuatan otot, kelenturan, serta kemampuan paru dan jantung, yang membutuhkan gerakan aerobik atau joging.
 
Sendi merupakan bagian akhir dari otot, sehingga ada lapisan pembungkusnya. Setiap kali tubuh bergerak, otomatis bagian pembungkus sendi tersebut merenggang. Jadi, alangkah baiknya bila otot dan persendian dipersiapkan dengan terjadinya kondisi itu, dengan melakukan peregangan. Dengan demikian, saat olahraga inti dimulai, bagian persendian sudah siap, dan mampu menghindari cedera, akibat perenggangan atau robek.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024