Lima 'Musuh' Imunitas Tubuh

VIVAnews - Tetap sehat dan terhindar dari penyakit tidak harus selalu menggunakan cairan pembersih tangan atau masker. Tetapi tanpa disadari Anda memiliki kebiasaan yang justru merusak sistem imunitas. Ketahui kebiasaan tersebut agar sistem imunitas Anda bekerja dengan baik dan Anda pun terhindar dari penyakit.

1. Kurang bergaul
Bergaul dengan banyak orang, berteman dengan berbagai kalangan ternyata sangat baik untuk sisitem imunitas Anda. Penelitian menunjukkan orang yang kurang berkomunikasi atau kurang bergaul dengan baik di rumah, tempat kerja ataupun lingkungan sekitar, lebih mudah terkena penyakit. Bahkan, hidupnya pun lebih singkat dibandingkan orang yang suka bergaul. Jadi, sesibuk apapun Anda usahakan untuk tetap berhubungan dengan orang-orang sekitar.

2. Kurang Istirahat
Kurang tidur atau kurang istirahat adalah hal yang paling cepat menurunkan sistem imunitas Anda. Menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Chicago, Amerika Serikat, pria yang tidur empat jam sehari dalam satu minggu hanya memproduksi setengah antibodi dalam darahnya. Hal itu jika dibandingkan dengan yang tidur selama  7,5 hingga 8,5 jam setiap harinya. Usahakan untuk tidur minimal 7 hingga 9 jam sehari agar Anda tidak mudah terkena penyakit.

3. Pesimis
Cara pandang Anda yang pesimis ternyata berpengaruh buruk pada sistem imunitas. Penelitian menunjukkan orang yang selalu berpikiran pesimis umurnya tidak sepanjang orang yang optimis. Berpandangan pesimis membuat Anda mudah stres dan hal itu berpengaruh pada kondisi tubuh. Selalu berpikiran positif agar ssitem kekebalan tubuh tidak menurun dan Anda pun panjang umur.

4. Sering berada di sekitar perokok
Meskipun anda tidak merokok, sering berada di sekitar perokok juga menurunkan daya tahan tubuh. Bahkan, jauh lebih berbahaya menjadi perokok pasif dibandingkan perokok aktif. Menjadi perokok pasif membuat Anda mudah terkena serangan asma dan masalah kesehatan lainnya. Usahakan untuk selalu menghindari perokok. Tidak hanya membuat sesak napas tetapi juga berdampak jangka panjang bagi kesehatan Anda.

5. Sering mengonsumsi antibiotik
Sering mengonsumsi antibiotik dalam waktu lama membuat obat tersebut tidak bisa lagi bekerja efektif pada tubuh Anda. Penelitian menemukan beberapa pasien yang mengounsumsi antibiotik level cytokinnya (hormon yang berkaitan dengan sistem imunitas) menurun. Jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik. Apalagi jika Anda mengonsumsinya tanpa resep
dokter. Hal itu bisa membahayakan kesehtan Anda

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024