Teknologi Terbaru Atasi Berat Badan Berlebih

VIVAnews - Diet ketat tak jarang berujung bencana. Berat badan akan kembali lagi setelah diet habis-habisan atau dikenal dengan sebutan diet yoyo. Sebagian besar penderita obesitas mengaku harus berjuang mengendalikan porsi makan dan serta kecepatan mengunyah makanan.

Sebuah teknologi baru mampu menghitung porsi makan seseorang serta seberapa cepat seseorang makan. Orang dewasa dengan kelebihan berat badan dapat memonitor kecepatan makan yang efektif selama diet. Peneliti Bristol menemukan Mandometer, alat yang terhubung dengan komputer ini mampu memodifikasi perilaku makan seseorang.

Saat menghadapi menu, besar porsi makanan dan berat badan akan dihubungkan dengan komputer. Selanjutnya, komputer akan memberi rekomendasi porsi makan dan menu yang sesuai dengan berat badan seseorang.

Alat yang dibuat di Institut Karolinska Stockholm mendorong pasien obesitas mengurangi jumlah asupan makanan dan menguyah makanan lebih lama. Jika responden mulai makan dengan cepat, alat akan memberi peringatan agar segera memperlambat mengunyah.

Penelitian dilakukan secara acak terhadap 106 pasien anak usia 9-17 tahun menunjukkan perubahan perilaku terjadi selama masa observasi.

"Kegemukan pada anak mendunia dan hingga kini masih minim sistem untuk mengatasinya," jelas Professor Julian Hamilton, kepala tim peneliti seperti VIVAnews kutip dari majalah Guardian. "Riset ini menemukan bahwa penderita obesitas memakan porsi besar dalam waktu yang sangat cepat," kata Hamilton.

Selama masa observasi 12 bulan dan dilanjutkan menjadi 18 bulan, massa indeks dan skor berat badan pasien penderita obesitas menurun secara signifikan dibandingkan kelompok yang makan tanpa menggunakan Mandometer.

Kelompok Mandometer mengurangi jumlah porsi makan sebesar 11 persen, sementara kelompok lain meningkatkan porsi makan 4 persen. "Tingkat kolesterol baik pada kelompok Mandometer meningkat secara nyata."

Peneliti menyimpulkan, mempertahankan pola makan selama enam bulan akan menjaga indeks massa tubuh dan mengubah prilaku makan dalam jangka panjang.

"Intervensi terhadap perilaku makan mungkin berpengaruh jika digunakan pada terapi mengurangi kegemukan," Hamilton menuturkan.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final

Timnas Indonesia U-23 selangkah lagi bakal menciptakan sejarah lolos ke perempat final Piala Asia U 23 2024. Garuda Muda bakal melakoni penentu melawan Timnas Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024