TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

4 dari 5 Orang Tak Cocok Pakai Baju Hitam

Pilihan baju warna hitam yang salah malah menjadikan pemakainya tampak tua.
4 dari 5 Orang Tak Cocok Pakai Baju Hitam
France Fashion (AP Photo/Michel Euler)

VIVAnews - Kaum hawa sering menjatuhkan pilihan pada warna hitam saat mengenakan pakaian. Warna gelap dianggap memberi kesan ramping dan cocok digunakan dengan warna lain.

Pakar warna dan penata gaya berpendapat lain. Efek warna hitam tidak sedahsyat seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Pilihan baju warna hitam yang salah malah menjadikan  pemakainya tampak tua.

Baju hitam menimbulkan garis-garis hitam di tubuh pemakainya seperti kerutan dan bayangan hitam di wajah. Walaupun sebenarnya kerutan tidak benar-benar ada. Menurut pakar warna, empat dari lima wanita yang memakai pakaian berwarna hitam mengalami hal tersebut.

"Efek gelap pada wajah akan membuat wanita merasa wanita rendah diri dan tertutup," Penata warna Jules Standish menjelaskan. Untuk menghindarinya, dia menyarankan agar wanita tidak mengenakan topi, scarf, dan pakaian berkerah  warna hitam. Sebagai ganti, gunakan warna-warna cerah.

Kalaupun tetap ingin mengenakan baju hitam, pakai atasan hitam berleher rendah atau gunakan aksessoris kalung warna-warni.

Bagi wanita dengan warna kulit berwarna hangat seperti cokelat dan sawo matang, dia menyarankan untuk menghindari pakaian berwarna hitam. Warna gelap akan membuat wajah terlihat lelah dan lebih tua. Namun hitam lebih menonjolkan kecantikan pemakainya.

Standish menyarankan agar mengetes lebih dulu apakah warna hitam cocok digunakan. "Pegang baju hitam di samping wajah Anda saat bercermin. Lihat apakah muncul garis di dagu serta bayangan hitam di sekitar mata dan wajah. Kalau tidak ada, mungkin Anda memang pas menggunakan warna hitam." 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP