Kiat Menjadi Orangtua yang Baik

VIVAnews - Memiliki anak adalah hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri. Tetapi, tugas menjadi orangtua tak semudah yang dibayangkan.  Tanggung jawabnya besar. Banyak hal yang harus Anda pelajari untuk menjadi orangtua yang baik.

Orangtua adalah panutan bagi anaknya, oleh karena itu akan lebih baik bila kita sebagai orangtua bisa memberikan contoh yang baik ke anak-anak kita. Ada beberapa tips untuk menjadi orangtua yang baik diantaranya sebagai berikut:

- Biarkan anak belajar dari kesalahannya

Kita selalu ingin anak kita aman dan nyaman serta bahagia. Tetapi, itu bukan berarti kita menuntut kesempurnaan dari anak kita. Jangan menghakimi anak bila dia melakukan kesalahan. Kita perlu memberikan anak kepercayaan untuk memahami kesalahannya sendiri.

- Beri anak kebebasan untuk berteman

Anak-anak memiliki banyak teman. Tetapi, sebagai orangtua kita tak harus selalu ikut campur saat dia sedang bersama teman-temannya.  Anda harus memberikan kebebasan pada anak-anak saat dia bersama teman-temannya. Dengan begitu, anak-anak akan merasa dihargai.

- Katakan Anda mencintai mereka

Kadang-kadang sesuatu bisa terbantu dengan kata-kata 'saya menyayangi kamu' dan anak Anda juga membutuhkan kata-kata itu. Sering-seringlah mengatakan hal itu kepada anak. Yakinlah dengan rajin mengatakan kata-kata itu, anak-anak akan sangat menghargai Anda

- Tingkatkan rasa percaya diri anak Anda

Anak-anak mengembangkan rasa percaya dirinya sejak kecil. Cobalah untuk memberikan pujian ke anak bila dia berhasil melakukan sesuatu. Dan jangan sering melarang beri dia kebebasan untuk melakukan yang dia suka selama hal itu positif untuknya.

- Dekatkan diri dengan anak

Anda harus selalu berusaha untuk meluangkan waktu untuk anak Anda. Dampingi mereka saat menonton, belajar dan ajak mereka bicara. Atau ajak anak Anda untuk berlibur bersama ke pantai atau hanya sekedar makan pizza bersama.

- Ajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab

Berikan kepada anak Anda tanggung jawab. Misalnya, setiap bangun tidur harus membersihkan kamarnya sendiri. Bila mereka habis bermain, bereskan mainan itu sendiri dan lain sebagainya.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal
Bluebird hadirkan layanan Lifecare Taxi

Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy

Bluebird sebagai perusahaan taksi besar di Indonesia, hari ini meluncurkan Lifecare Taxi, layanan taksi yang dirancang khusus untuk individu dengan kebutuhan khusus, lans

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024