Berapa Porsi Tepat Konsumsi Garam Sehari?

VIVAnews - Tak lengkap rasanya menyantap makanan tanpa penyedap rasa yang satu ini. Garam atau disebut juga sodium membuat cita rasa makanan makin lezat. Hampir setiap makanan yang kita santap mengandung garam.

Terlalu banyak garam dalam makanan memicu meningkatnya tekanan darah, yang merupakan sumber penyakit seperti diabetes, stroke, jantung. Asupan garam yang terlalu banyak dituding sebagai penyebab kegemukan, karena sodium mengikat lemak dalam tubuh.

Dari hasil penelitian, sebagian besar penduduk dunia mengkonsumsi sodium dua kali lipat daripada nilai yang dianjurkan yaitu 2.300 miligram atau satu sendok teh perhari. Studi yang dirilis dalam British Journal menyebutkan, mengurangi asupan sodium akan menurunkan potensi penyakit kardiovaskular  25-30 persen.

Ada lima cara untuk mengurangi garam dalam makanan sehari-hari:
1. Jangan Tambahkan Garam Jika Tidak Perlu
Pada saat merebus pasta atau kentang, jangan tambahkan garam. Lebih baik menambahkan garam pada makanan sebelum disajikan. Memberi garam saat paling akhir akan memberi rasa yang kuat sehingga Anda tak perlu memasukkan banyak garam dan akan tetap terasa dalam setiap suapan.

2. Gunakan Garam Laut
Biasakan memakai garam laut yang memiliki kristal unik dan memiliki kandungan sodium yang lebih banyak dibandingkan sodium biasa. Penggunaan garam laut yang lebih asin dan kaya rasa membuat Anda tak perlu memasukkan garam berlebihan selama memasak kata Kyle Shadix, Direktur Nutrisi dan Kuliner di New York.

3. Gunakan Bahan Baku Segar
Gunakan bahan masakan yang segar dalam masakan. Bahan makanan segar membutuhkan lebih sedikit garam daripada makanan beku atau kaleng. Jika sempat, membuat pasta dan saus sendiri mengurangi asupan garam dalam makanan. Memasak sayuran dan kacang-kacangan segar lebih baik dibandingkan kacang kalengan dan sayuran beku.

4. Gunakan Makanan Kaleng Seperlunya
Makanan segar yang Anda simpan di lemari pendingin jauh lebih baik daripada makanan kaleng yang mengandung sodium.

Sebelum mengolah makanan beku yang mengandung garam, cuci bahan makanan agar mengurangi garam yang terkandung di dalamnya. Jika ingin mengikuti resep dalam makanan kaleng, sebaiknya kurangi porsi garam, karena bahan makanan ini telah mengandung garam.

5. Pilihlah Produk Rendah Sodium
Perhatikan label makanan yang Anda gunakan memasak. Produk makanan rendah sodium (low sodium) biasanya mengandung paling tinggi 140 miligram sodium per 100 gram makanan (sekitar 336 miligram per cangkir saji).

Makanan dengan sodium lebih rendah (lower sodium) biasanya mengandung 25 persen sodium lebih rendah daripada yang yang dianjurkan.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu
Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024