Sofa Bersih Terawat

VIVAnews –Sofa banyak dipilih sebagai tempat duduk, baik di ruang tamu, maupun ruang keluarga. Busanya yang empuk dengan pelapis kain atau kulit memang membuat sofa lebih nyaman untuk duduk daripada bangku kayu yang keras. Tapi bahan tersebut membutuhkan perawatan yang lebih cermat karena mudah kotor dan menyerap debu.

Jika debu sudah menumpuk, sofa justru menjadi sarang penyakit. Selain itu, sofa juga lebih sulit dibersihkan jika terkena noda misalnya noda makanan dan sebagainya.

Agar sofa selalu terlihat bersih, ikuti tips berikut ini.

Mobil MPV Baru Ini Disebut Senyaman Rolls-Royce

Rajin bersihkan sofa
Bersihkan sofa secara teratur dengan penyedot debu (vacuum cleaner). Bersihkan bagian sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan sikat. Jika memungkinkan, lakukan pencucian dengan air dan sabun.

Pelapis sofa bongkar pasang lebih mudah perawatannya. Anda tinggal melepas sarung sofa dan mencucinya. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa pencucian sofa.

Untuk sofa kulit, Anda harus lebih cermat. Kulit asli membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati. Bersihkan dengan cairan khusus pembersih kulit. Sedangkan kulit sintetis bisa dilap dengan kain basah.

Hindari udara lembab dan sinar matahari langsung
Jaga selalu sofa Anda supaya terhindar dari kelembaban. Sebab, kondisi lembab akan memicu tumbuhnya jamur di busa yang menyebabkan pembusukan.

Letakkan sofa di tempat yang tidak terkena udara luar dan sinar matahari langsung. Karena sinar ultraviolet bisa merusak bahan sofa dan membuat warnanya lekas pudar.

Motor Juara Dunia MotoGP Casey Stoner Dilelang, Harga Awal Rp8,2 Miliar

Menghilangkan noda
Bila sofa Anda terkena noda, segera bersihkan. Semakin cepat dibersihkan, semakin mudah menghilangkan nodanya.
- Jika nodanya cair, segera lap dengan tisu atau kain yang mudah menyerap cairan.
- Untuk noda minyak, segera tempelkan kertas penyerap minyak atau bedak tabur agar minyak terserap, kemudian sikat dengan spons yang dibasahi air sabun. Beri sedikit tetesan air lemon agar minyak mudah diangkat. Jangan gunakan sikat berbulu keras sebab akan merusak pelapis sofa.
- Noda makanan, saus, kopi, cokelat, buah, dan sebagainya bisa dibersihkan dengan air sabun. Agar noda membandel mudah dihilangkan, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan bantuan sedikit cuka atau amonia.

Selamat membersihkan sofa!

Potret Banjir di Rusia (Doc: AP Photo)

Bendungan Sungai Runtuh, Rusia Dilanda Banjir Besar hingga Merugi Rp 3,5 Triliun

Banjir di wilayah Orenburg, dekat perbatasan Rusia dengan Kazakhstan memicu evakuasi ribuan orang akibat runtuhnya bendungan di wilayah itu, pada Sabtu lalu, 6 April 2024

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024