VIVALIFE

Roti Bikin Gemuk?

Apakah makanan yang kerap dikonsumsi saat sarapan ini bikin bobot tubuh cepat melambung?
Senin, 18 Januari 2010
Oleh : Petti Lubis
Makan Roti Gandum

Tanya:
Saya (26) termasuk wanita yang sangat takut gemuk. Apa pun yang saya konsumsi, selalu diperhitungkan agar tidak melebihi kalori yang dibutuhkan per harinya. Ada satu makanan yang tidak bisa tidak saya konsumsi setiap harinya, yaitu roti tawar.

Saya selalu sarapan dengan roti tawar plus selai cokelat dan mentega setiap pagi. Apakah kebiasaan saya itu dapat membuat saya gemuk?

sxxx@gmail.com

Jawab:
Roti tawar dengan selai cokelat plus mentega, jika dimakan dalam jumlah terbatas tidak mengakibatkan kegemukan. Satu tangkup roti isi cokelat mengandung kira-kira 200-300 kalori. Jumlah kalorinya dapat lebih, dapat juga kurang,  tergantung dari tebal tipisnya mentega dan selai cokelat.

Yang dapat membuat Anda gemuk adalah apabila Anda makan roti lebih dari satu tangkup pada saat sarapan, sementara Anda makan dengan bebasnya pada saat makan siang dan makan malam. Belum lagi ditambah dengan camilan yang di luar batas.

Jika pola makan Anda seperti itu, maka kalori yang masuk pun pasti berlebihan, jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Sayang sekali, data Anda kurang lengkap sehingga saya tidak dapat menghitung berapa kalori yang Anda butuhkan per harinya.

Konsultan: Ruri Indah (ahli gizi)

TERKAIT