Kopi Untuk Obat Insomnia?

VIVAnews - Para ilmuwan dari Vanderbilt University di Nashville, Amerika, kini tengah menyelidiki kemungkinan penggunaan zat-zat kimia dalam kopi untuk memproduksi obat bagi penyakit jantung dan insomnia.

Kandungan asam klorogenik dalam kopi dinyatakan dapat mengurangi efek kafein, yang mambuat jantung berdebar lebih cepat. Tak hanya itu, hasil penelitian dari lembaga yang sama juga mengungkapkan bahwa asam klorogenik juga potensial untuk mengobati epilepsi, hiperaktivitas dan masalah tidur.

Asam klorogenik, yang dapat berperan sebagai antioksidan, juga mampu mengatasi efek buruk dari radikal bebas. Selain itu, asam klorogenik juga bisa meningkatkan produksi Adenosin, yaitu sejenis hormon yang jika diproduksi dalam jumlah kurang bisa mengakibatkan jantung berdetak melebihi frekuensi normal, serta merangsang pelebaran pembuluh darah. Menurut Prof.

Peter Martin dari Vanderbilt University, asam klorogenik mampu meningkatkan kadar adenosin dengan mencegah penyerapannya kembali (reabsorpsi) oleh tubuh. Karena itu, para ilmuwan terus berusaha mensintesis komponen-komponen tertentu dalam kopi untuk memperoleh manfaat optimal. Namun, mereka mengakui bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memproduksi obat anti insomnia tersebut.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach
Zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ramalan zodiak Rabu, 24 April 2024. Aries, teman dekat akan berbagi rahasia. Sagitarius, hubungan dengan kekasih mungkin tidak sehat. Capricorn menghadapi krisis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024