Salah Kaprah Soal Seks Bebas dan Kehamilan

VIVAnews - Beberapa anggapan salah masih banyak beredar di kalangan remaja. Di antaranya, melakukan hubungan seksual hanya satu kali tidak bisa menyebabkan kehamilan. Atau, bercinta dengan mengenakan pakaian tidak akan membuat hamil.

Salah anggapan itulah yang seringkali membuat banyak remaja berani melakukan hubungan seks sebelum menikah dan masih di bawah umur. Padahal, menurut Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan, dr. Boy Abidin, informasi yang benar adalah melakukan hubungan seks meskipun dengan pakaian yang berbahan tebal, seperti jeans, kehamilan mungkin terjadi.

"Dan, walaupun hanya sekali melakukan aktivitas seksual, kehamilan pun tetap mungkin terjadi," ujar dr. Boy saat ditemui di Djakarta Theatre, Senin 18 Januari 2010.

Menurutnya, pakaian atau celana dari bahan jeans memiliki pori-pori yang bisa menyerap cairan sebanyak apapun, termasuk sperma. Sekali ejakulasi saja pria bisa menghasilkan jumlah sperma normal sebanyak 20 juta/mm. “Hanya satu sel sperma saja yang dibutuhkan untuk terjadinya pembuahan. Jika yang keluar sebanyak 1 cc berarti sel sperma yang dihasilkan bisa 120 juta sel,” kata dr. Boy.

Sementara itu, ternyata saat wanita merasa bergairah, biasanya juga mengeluarkan cairan yang memiliki daya tarik cukup tinggi untuk menarik sperma masuk ke dalam rahim. “Pada saat keluarnya cairan inilah sperma bisa menembus ke dalam rahim. Dan, ini perlu diwaspadai, karena sel sperma yang berhasil masuk adalah sel sperma aktif yang bisa menyebabkan terjadinya pembuahan,” katanya lagi menjelaskan.

Dan, dr. Boy juga menambahkan, sel sperma sendiri bisa hidup di udara bebas hingga satu jam.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Karena itu, sebelum salah anggapan ini merusak masa depan generasi mendatang, informasi ini sebaiknya diberitahukan secara tepat pada para remaja. Dengan begitu, remaja bisa menghindari perilaku seks bebas.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, mengatakan bakal memonitor program makan siang gratis yang jadi agenda prioritas pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024