Tes Darah Tentukan Jenis Kelamin Bayi

VIVAnews - Orangtua yang ingin mengetahui jenis kelamin bayinya normalnya harus menunggu hingga trisemester kedua kehamilan dengan ultra sonografi (USG). Sebuah penelitian terbaru menemukan pengetesan darah dapat mengetahui jenis kelamin secara akurat di awal kehamilan.

Menurut peneliti, makin dini mengetahui jenis kelamin janin, akan makin baik memprediksi penyakit yang diderita bayi dalam kandungan. Saat ini, pemeriksaan dilakukan dengan tes invasif yakni memeriksa cairan amnion (amniocentesis) dengan resiko keguguran.

Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal Obstetrik dan Ginekolog, peneliti Belanda menemukan tes dengan darah memiliki tingkat akurasi 100 persen pada 200 wanita hamil.

Dr. Ellen van der Schoot, peneliti dari Sanquin Research Amsterdam mengatakan tes untuk mengetahui jenis kelamin mempengaruhi kondisi media calon bayi.

Sebagai contoh, kelainan congenital adrenal hyperplasia (CAH) merupakan gangguan genetik yang menyebabkan bayi berjenis kelamin perempuan mengalami perkembangan organ genetalia abnormal serta memiliki ciri-ciri seperti lelaki yakni suara yang dalam dan kelebihan rambut di beberapa bagian tubuh.

Untuk mengobatinya injeksi steroid dexamethasone saat kehamilan memperbaiki kondisi janin. Jenis kelamin merupakan kunci gangguan genetik yang berhubungan dengan kromoson X. Penyakit hemofilia dan sindrom Duchenne/Becker paling banyak ditemukan pada anak laki-laki daripada perempuan, memperolehnya dari kromosonm X ibu.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Pada kasus dimana ibu sebagai pembawa penyakit genetik, tes invasif perlu dilakukan. Namun dookter menghindari tes invasif jika janin berjenis kelamin perempuan.

Studi melibatkan 201 wanita hamil dan memeriksa darah mereka di laboratorium pada minggu ketujuh kehamilan. Studi melihat jenis kelamin janin dengan dua gen pada kromosom X dan Y. Bayi laki-laki diketahui dengan adanya kromosom Y dalam darah ibu. Selanjutnya tes lanjutan berupa tes DNA dilakukan untuk menentukan jenis kelamin bayi.

Chandrika Chika

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelumnya, Keluarga Chandrika Chika menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjenguk sang putri, pada Rabu malam 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024