Cara Mudah Mencegah Kanker

VIVAnews - Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan. Selain kualitas hidup yang menurun, risikonya adalah kematian. Jumlah pasien penyakit kanker juga meningkat setiap tahunnya.

Banyak faktor yang memicu terjadinya penyakit kanker, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah kanker, ada lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan
anda tidak harus selalu menghindari sinar matahari. Cukup habiskan 15 menit berjemur pada pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Karena, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memicu melanoma atau kanker kulit. Jika Anda memang melakukan aktivitas di luar ruangan, selalu gunakan pelindung kulit, baik krim pelembab, payung, ataupun kacamata.

2. Rutin memeriksakan kesehatan
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain untuk mengetahui kondisi tubuh, Anda bisa mencegah pertumbuh sel-sel yang tidak normal pemicu kanker. Dengan pemeriksaan rutin, jika memang terdapat kanker, bisa diatasi secara cepat. Proses penyembuhan pun menjadi lebih mudah.

3. Berhenti merokok
Rokok hanya membuat kondisi organ tubuh Anda semakin buruk tiap harinya. Bukan hanya risiko kanker yang Anda hadapi, tetapi juga penyakit lainnya, seperti jantung dan impotensi. Potensi komplikasi penyakit pada perokok pun sangat tinggi.

4. Variasi menu makanan
Variasikan menu makanan Anda, jangan hanya daging atau ayam saja. Perbanyak konsumsi sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Seperti wortel, blueberry, dan brokoli. Minum juga teh hijau secara teratur dan konsumsilah berbagai macam buah.

5. Olahraga.
Aktivitas fisik sangat penting untuk mencegah kanker. Jika Anda tidak menyukai olahraga siasatilah dengan berjalan kaki. Mengambil kelas dansa juga salah satu cara agar Anda melakukan aktivitas fisik.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024