Waspada Terhadap Kosmetik

VIVAnews - Ragam produk kosmetik menawarkan kemampuan membuat kulit tampak halus, menghilangkan noda dan menjadikan wajah terlihat lebih muda. Masalahnya, sebagian besar kosmetik yang beredar saat ini mengandung senyawa kimia.

Penulis buku "Perfect Hormone Balance for Fertility" Dr Robert Greene menjelaskan apabila wajah terpapar bahan kimia dalam waktu lama dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang (bio mutagenik) yang berbahaya bagi kesehatan karena memicu ketidakseimbangan hormon.

Sebagai contoh, senyawa kimia ftalat yang banyak digunakan pada parfum, kosmetik, dan cat kuku. Wanita yang sering menggunakan produk mengandung senyawa kimia ftalat meningkatkan risiko kesuburan dan dapat menaikkan risiko kanker pada anak-anaknya. Dokter Greene menyarankan agar lebih berhati-hati memilih produk kosmetik.
 

1. Pilih produk-produk organik.
Produk kosmetik organik umumnya lebih aman dan lebih sedikit mengandung bahan kimia. Perlu diingat, Anda tetap harus memeriksa label kosmetik walaupun perusahaan mengkalim produknya organik untuk mengetahui isi produk kosmetika.
 
2. Gunakan riasan sederhana
Anda bisa menghindari kemungkinan terpapar bio mutagen dengan mengurangi jumlah produk kosmetika yang Anda gunakan.

3. Pilih kosmetika non-aroma
Sebagian besar wewangian pada produk kosmetik mengandung bahan kimia yang mudah menguap dan lebih mudah masuk ke aliran darah.
 
4. Minimalkan penggunaan cat kuku

Cat kuku dianggap penyebab paling konsisten yang mengakibatkan cacat lahir. Jika Anda memakai cat kuku, sebaiknya pakailah dalam sebuah area yang berventilasi baik dan pastikan cat kuku bebas senyawa ftalat.

5. Membuat daftar belanja

Belilah kosmetik yang Anda butuhkan, jangan membeli kosmetik hanya karena tertarik tanpa memperhatikan isinya.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024