Cantik Sempurna Berkat Alam

VIVAnews - Beberapa bahan yang diambil dari alam dipercaya bisa membantu meremajakan kulit seseorang. Ada banyak tumbuhan yang dimanfaatkan beberapa pakar kecantikan untuk membantu mencegah proses penuaan kulit Anda. Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan produk kosmetik dari bahan kimia.

Para ahli dermatologis pun menyatakan bahwa tumbuh-tumbuhan adalah sumber terbaik untuk menemukan bahan-bahan baru yang bisa melindungi dan memperbaiki penuaan kulit.

Zoe Draelos, MD, seorang dokter kulit dan peneliti klinis di High Point, NC menyatakan bahwa Vitamin, antioksidan, dan emollients yang muncul dari daun, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat melembutkan keriput, melawan kendur, dan meningkatkan cahaya.

Ia pun telah menggali dan meneliti lima jenis tumbuhan yang terbukti bisa melindungi kulit dari penuaan. Apa sajakah bahan dari alam itu:

Bearberry

Sebuah semak-semak berbunga yang berkembang di Amerika Serikat, bearberry terbukti dengan cepat dan menjadi populer karena khasiatnya mampu mencerahkan kulit. Daunnya mengandung arbutin, turunan dari hidroquinon (HQ) yang mampu mencerahkan kulit, yang mengurangi pembentukan pigmen yang memproduksi melanin.

Sayangnya, HQ dapat membuat kulit iritasi. “Namun kandungan Bearberry yang dikombinasikan dengan HQ lebih ringan tapi efektif jika dijadikan alternatif untuk melindungi kulit dari penuaan,” kata Sonia Badreshia-Bansal, MD, seorang dokter kulit di San Fransisco.

Dalam satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology, wanita dengan melasma yang terdapat pada koktail dengan ekstrak bearberry jika dikonsumsi terbukti bisa menghilangkan bercak-bercak hitam hampir 70% setelah 3 bulan dan tanpa efek samping. Namun Yang menggunakan resep-kekuatan HQ melihat 77% peningkatan, tetapi seperempat dari mereka melaporkan ada reaksi, seperti gatal kulit.

Acai

Acai berries emollients kaya asam lemak esensial dan sterol nabati yang membantu memberikan kelembaban dan memperkuat permukaan kulit sehingga lebih tahan terhadap iritasi dari luar, kata Howard Sobel, MD, seorang dermatolog asal New York dan pendiri DDF Skincare.

Acai merupakan pelindung yang ampuh melawan radikal bebas juga. Daging buah Acai mengandung konsentrasi anthocyanin, antioksidan pigmen yang berwarna merah dan ungu memberikan rona yang cerah pada kulit. Pada saat diuji dan digunakan pada kulit Sobel mengatakan, Acai UV mampu mengurangi kerusakan kulit yang menyebabkan keriput, bintik-bintik cokelat, dan kendur.


Teh merah

Teh yang diseduh dari daun-daun semak Afrika Selatan ini kaya anti-peradangan seperti quercetin yang membantu menghilangkan gatal dan kemerahan pada wajah. "teh merah sangat ideal untuk mengurangi iritasi yang berhubungan dengan peradangan dan eksim pada kulit," kata Petko Detchev, PhD, ahli kimia senior di Jason Natural Products.

Khasiat dari teh merah juga dapat menenangkan kulit dan menyegarkan kulit, melindungi dari sinar UV, mencegah kerusakan yang menyebabkan garis -garis halus dan bintik-bintik cokelat. Antioksidan termasuk aspalathin, hanya ditemukan di teh merah yang dipercaya mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas sebanyak 90%, menurut satu penelitian. Teh merah juga bisa mencegah tumor kanker kulit sekurang-kurangnya 60%.

Argan Minyak (Argan Oil)

Seperti kacang dari pohon argan Maroko, minyak ini disebut-sebut sebagai 'emas cair' karena kemampuannya untuk melembabkan kulit kering kulit yang loyo alias kendur. Konsentrasi tinggi asam lemak esensial dan vitamin E merupakan dua bagian penting dari lapisan pelumas kulit. "Kedua komponen membantu kulit tetap lembab dan mencegah hilangnya kelembaban lebih lanjut," kata Ni'Kita Wilson, seorang ahli kimia kosmetik di Fairfield, NJ.

Daun dari pohon Argan juga mengandung gliserin, sebuah Humectant yang menarik air yang mampu melindungi kulit dari keriput, kata Pat Peterson, direktur eksekutif penelitian dan pengembangan di Aveda. Dalam satu penelitian, ekstrak daun anti kerutnya juga sebagai pelindung dari radikal bebas juga, kolagen dan elastinnya mampu mencegah kerusakan sebesar 45% .

Durian

Dijuluki sebagai Raja Buah di Asia, durian akan segera menguasai dunia teratas sebagai bahan alami yang mampu meremajakan kulit. Manfaat kecantikan dari durian adalah buahnya yang seperti bubur kental mengandung minyak Hydrating, antioksidan , dan gula alami yang memperkuat membran sel dan menjaga kelembababan kulit, kata Howard Murad, MD, associate profesor dermatologi klinis di UCLA.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Berita Terfavorit:

1.  China Inteli Semua Eksekutif Eropa?

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

2.  4 Alasan Mengapa Malas Bercinta

3.  Segala Hal Tentang Piala Dunia

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

4. Foto Bugil Ryan Diusut

5. Soal Kecantikan, Seks dan Makanan

Cak Imin menerima silaturahmi politik DPP PKS ke kantor DPP PKB

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

PKS dan PKB menyepakati kerjasama politik untuk berkoalisi di Pilkada serentak 2024. PKS siap memenangkan calon di basis PKB, pun sebaliknya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024