Kepribadian Berdaya Saing Lebih Tahan Stres

VIVAnews - Kepribadian berpengaruh memerangi stres dalam bekerja. Pekerjaan dengan karakteristik berdaya saing tinggi membantu mengurangi tingkat stres dalam melaksanakan pekerjaan.
 
Sebuah penelitian tim studi dari Universitas Helsinki Finlandia yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Medicine edisi Januari mengungkapkan ciri-ciri kepribadian tipe A seperti agresi dan daya saing cenderung lebih banyak mengambil risiko dalam bekerja.

Para peneliti mempelajari hubungan antara empat fitur perilaku karakter karyawan tipe A (kepemimpinan, agresi, pekerja keras, dan semangat-energi) terhadap 752 pekerja.

Hasilnya, tingkat agresi, pekerja keras, dan energi berhubungan dengan pekerjaan tingkat stres tinggi. Para peneliti mendapatkan adanya ketidakseimbangan antara usaha dalam bekerja dan penghargaan menyumbangkan  tingkat stres terbesar.

Sebaliknya, pekerja dengan nilai kepemimpinan tinggi mengalami tingkat stres lebih rendah. Nilai kepemimpinan yang tinggi dikaitkan dengan upaya kerja dan imbalan kerja tinggi. Selain itu, kepemimpinan berhubungan dengan kontrol pekerjaan tinggi sehingga mengurangi tingkat stres.

Para peneliti mengatakan tipe kepribadian A perlu menjadi pertimbangan saat  perusahaan merancang program untuk mengurangi stres di tempat kerja. Sebagai contoh, memberikan kesempatan lebih besar kepada karyawan untuk membuat keputusan (kepemimpinan) dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM
Ivar Jenner

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah

Ivar Jenner tak bisa dimainkan ketika Timnas Indonesia U-23 melakoni laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis malam WIB.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024