Dukungan Akan Membuat Anak Percaya Diri

VIVAnews - Mendorong dan memberi penghargaan terhadap usaha dan prestasi anak membantu anak tumbuh menjadi menjadi pribadi kuat dan percaya diri. Penghargaan atas upaya anak yang dilakukan sejak dini berpengaruh besar terhadap  pertumbuhan pola perilaku anak.

Dik Doank, pendiri sekolah alam mengatakan pentingnya memberi penghargaan kepada anak sejak dini. "Meskipun sekarang mereka masih masih anak-anak, secara bertahap mereka akan tumbuh menjadi profil dan sosok yang unik. Orangtua bertugas menuntun mereka menjadi karakter hingga mencapai usia dewasa," katanya pada press launch Biskuat Bolu di Mandarin Hotel Jakarta, Selasa, 2 Februari 2010.

Menurut Dik, cara orang tua membentuk pribadi anak yang percaya diri adalah dengan menghargai kerja keras anak. "Disinilah pentingnya menghargai dan memberi perhatian kepada anak," kata Dik yang juga membidani sekolah alam Kandank Jurank Doank sebagai sekolah sekaligus tempat mengasah bakat dan keterampilan anak.

Psikolog Anak Vera Itabiliana mengungkapkan memberi apresiasi atau reward secara bertahap akan membangun kepercayaan diri anak. Anak  juga akan merasakan perhatian dari kedua orang tuanya.

Namun dalam memberi perhatian, perlu memerhatikan beberapa hal, seperti waktu pemberian dan besar kecilnya reward.

Vera mengatakan,  jika pemberian kurang tepat misalnya, akan membuat anak merasa kurang. Apabila anak menunjukkan prestasi atau kerja keras, orang tua perlu mengapresiasinya dengan segera.  "Tidak harus dengan hadiah mahal, asalkan menunjukkan perhatian orang tua," ujarnya.

Menurut Vera, orang tua perlu memilah nilai dan besaran penghargaan atas prestasi dan upaya anak. "Kebiasaan memberi hadiah mewah untuk setiap  nilai bagus misalnya justru akan mempengaruhi pribadi anak yang menjadi terbiasa bahwa ia akan bekerja keras demi hadiah, bukan kemajuan diri sendiri," terang Vera.

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Apresiasi setinggi-tingginya diberikan oleh BNI kepada atlet bulutangkis Indonesia yang telah berprestasi di dua ajang bergengsi, All England dan BAC.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024