Ciri-ciri Tanda Bahaya Kehamilan

VIVAnews - Kementrian Kesehatan terus melakukan upaya untuk menurunkan jumlah Angka Kematian Ibu (AKI) dan meningkatkan Angka Kelahiran Bayi (AKB). Saat ini AKI di Indonesia mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB 34 per 1000 kelahiran hidup.

Rata-rata kematian pada ibu menurut Sekjen Kementrian Kesehatan RI, Ratna Rosita akibat beberapa hal terutama saat masa kehamilan.

“Kematian ibu disebabkan oleh pendarahan, tekanan darah yang tinggi saat hamil (eklampsia), infeksi, persalinan macet dan komplikasi keguguran. Sementara penyebab langsung kematian bayi adalah bayi berat lahir rendah (BBLR)dan kekurangan oksigen (Asfiksia),” kata Rosita saat ditemui dalam acara Kampanye Perencanaan Persalinan dan PencegahanKomplikasi (P4K) dan Penggunaan Buku Kesehatan untuk Ibu dan Anak(KIA) di Gedung Dhanapala, Kementrian Keuangan Jakarta, Rabu 3 Februari 2010.

Sementara penyebab tidak langsung kematian ibu dan bayi baru lahir adalah karena kondisi masyarakat yang minim pendidikan, dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi dan budaya.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Beberapa hal tersebut menyebabkan kondisi 3 terlambat (terlambat mengambil keputusan, terlambat sampai di tempat pelayanan dan terlambat mendapatkan pertolongan).

Keterlambatan-keterlambatan tersebut bisa dihindari apabila ibu dan keluarga mengetahui tanda bahaya kehamilan dan persalinan serta tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Untuk itu ketahuilah tanda-tanda bahaya pada kehamilan:

 1. Perdarahan pada hamil muda mamupun hamil tua

 2. Bengkak di kaki, tangan atau wajah disertai sakit kepala atau kejang

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

 3. Demam atau panas tinggi

 4. Air ketuban keluar sebelum waktunya

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

 5. Bayi dalam kandungan geraknya berkurang atau tidak bergerak

 6. Muntah terus menerus dan tidak mau makan

“Enam masalah ini bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran dini (prematur) yang membahayakn ibu dan bayi. Jika ada tanda seperti ini pada kehamilan Anda, segera datang kepetugas kesehatan didampingi suami dan keluarga,” jelasnya.

Selain 6 masalah penyebab keguguran tersebut, masalah lain pada kehamilan yang perlu diwaspadai juga termasuk batuk lama, lemah , jantung berdebar-debar, gatal pada kemaluan dan keluar keputihan.

Untuk mencegahnya, lakukan pula pemeriksaan rutin ke dokter atau bidan. Ini adalah cara tepat untuk mendeteksi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada kehamilan Anda.

Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024