Ketahui Teknik Berjalan yang Benar

VIVAnews - Berjalan adalah gerakan yang paling alami dari manusia. Meskipun alami, tetapi bukan berarti cara jalan yang selama ini Anda lakukan sudah benar. Seringkali cedera kaki atau nyeri punggung terjadi akibat cara jalan yang tidak benar.

Jika saat Anda berjalan kemudian timbul nyeri pada punggung atau kaki, bisa jadi disebabkan cara jalan Anda yang salah. Ada beberapa teknik cara jalan yang benar untuk menghindari cedera.

Penempatan kaki

Seseorang yang sering memakai sepatu hak tinggi, lebih sering berjalan dengan melakukan tekanan pada bagian depan kaki dibandingkan tumit belakang. Berjalan yang baik adalah dengan lebih banyak mengandalkan tumit baru telapak kaki bagian depan.

Hal ini akan memang akan membuat langkah Anda menjadi lebih pendek, tetapi membuat Anda terhindar dari posisi tubuh yang salah dan tekanan berlebihan pada kaki.

Postur

Posisi bungkuk saat duduk di meja sepanjang hari atau bersandar saat bermain dengan anak-anak adalah musuh struktur tulang belakang. Nyeri tulang belakang bisa terjadi karena posisi bungkuk cukup lama. Untuk itu, posisikan tubuh secara tegak saat berjalan agar struktur tulang punggung tetap tegak. 

Ayunkan tangan

Jaga denyut jantung dan pompa darah Anda dengan mengayunkan lengan saat Anda berjalan. Tekuk siku dan ayunkan secara alami. Gerakan ini juga membantu kerja otot-otot lengan dan pundak ketika Anda berjalan.

Pernafasan

Atur pernafasan Anda saat berjalan. Nafas adalah inti dari setiap latihan yang Anda lakukan. Anggaplah perjalanan yang Anda lakukan sebagai olahraga. Hal ini akan sangat baik tidak hanya bagi cara berjalan Anda yang lebih teratur tetapi juga kesehatan tubuh Anda.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024