Cegah Pikun dengan Aerobik

VIVAnews - Aerobik telah lama dikenal bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa aerobik berguna memperbaiki fungsi kognitif otak kiri yang mencegah kepikunan.

Sebuah studi dalam jurnal Archives of Neurology menyatakan bahwa melakukan aerobik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan otak sehingga mencegah penuaan kemampuan berpikir.

Di usia setengah baya, manusia mulai terkena masalah memori. Melakukan aktivitas otak seperti berpikir membuat otak dan tubuh cepat lelah. Latihan fisik dapat memperlambat proses ini dan bahkan memperbaiki fungsi otak kembali seperti semula.

Berdasarkan studi tersebut, aktivitas fisik moderat seperti jalan cepat, joging dan berenang membantu mencegah masalah kepikunan dan penuaan otak.

Peneliti Laura Baker menyebutkan aerobik adalah cara yang efisien bagiĀ  manula untuk mempertahankan kemampuan berpikir mereka. Olahraga aerobik intens selama beberapa bulan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, dan kemampuan untuk mengingat beberapa hal sekaligus.

Mereka yang menderita gangguan kognitif ringan disarankan untuk menjaga mereka kemampuan berpikir dengan melakukan aerobik. Studi menemukan perempuan merespons pengaruh aerobik lebih baik daripada laki-laki.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024