VIVALIFE

Mengenal Ragam Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang tak teratasi bisa merembet pada kematian.
Kamis, 4 Februari 2010
Oleh : Umi Kalsum
Noda jerawat

VIVAnews - Kulit yang merupakan organ terbesar dari tubuh manusia merupakan pertahanan pertama tubuh dari bakteri dan virus. Ketika kulit terkena matahari, cuaca kering, atau bakteri, maka reaksinya akan merembet ke bagian tubuh lain, bahkan dapat berakibat pada kematian.

Namun Anda tidak perlu khawatir, umumnya penyakit kulit dapat diobati. Karena itu kenalilah beberapa jenis penyakit kulit dan penyebabnya.

Jerawat
National Institutes of Health mengatakan sekitar 80 persen dari seluruh manusia pernah memiliki jerawat. Jerawat sebagai salah satu penyakit kulit disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Jerawat dapat berkembang jika pengobatan tidak dilakukan di tahap awal kemunculannya.

Eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal, kulit menjadi merah, kering, dan bengkak. Penyakit ini dapat disebabkan karena demam dan alergi. Biasanya eksim terjadi pada wajah, tangan, kaki, siku, dan area belakang lutut.Garukan terhadap bagia tubuh yang terkena eksim membuat kulit semakin gatal. Orang yang eksim biasanya jadi sensitif terhadap pelembut kain, pakaian wol, dan cuaca yang kering.

Psoriasis
Psoriasis termasuk penyakit kulit yang sulit didiagnosa. Bagian tubuh yang biasa terkena eksim sama dengan bagian tubuh yang biasa terkena eksim, ditambah kulit kepala, punggung bagian bawah, telapak tangan, dan telapak kaki. Stres, trauma, dan tingkat kalsium yang rendah dapat menyebabkan psoriasis.

Penyakit kulit ini bukanlah penyakit menular, tetapi bersifat menurun. Gejala psoriasis adalah timbulnya bercak-bercak merah yang di atasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Bila digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok. Mula-mula, luas permukaan kulit yang terkena hanya kecil. Makin lama, luasnya makin melebar.

Impetigo

Impetigo adalah penyakit kulit menular yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Anak-anak usia 2 hingga 6 tahun sangat mudah terkena penyakit ini. Bakteri biasanya masuk ke kulit karena gigitan serangga, luka, atau goresan. Akibat impetigo, kulit menjadi gatal, melepuh berisi cairan, dan jadi kemerahan. Kebersihan sangat penting bagi orang yang mengalami impetigo.

Melanoma
Melanoma adalah bentuk serius kanker kulit yang dapat mengancam hidup jika tidak diobati. Penyakit ini adalah jenis kanker yang menyebabkan perubahan tahi lalat pada kulit. Melanoma bisa sangat berbahaya jika muncul pada leher atau kulit kepala. Salah satu tanda terjadinya melanoma adalah tahi lalat yang membesar. Selain itu terjadi perubahan warna pada tahi lalat serta terlihat tanda-tanda peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat.


Laporan: Djamilah

TERKAIT
TERPOPULER