Rawat Kulit untuk Cegah Penuaan Dini

VIVAnews - Tahukah Anda, bahwa kulit yang sehat menunjukkan bahwa Anda merawat diri dengan baik? Kulit dapat memperlihatkan bahwa Anda memiliki cukup kadar air, nutrisi yang Anda konsumsi, serta waktu yang Anda habiskan di bawah matahari.

Selain tampak buruk, kulit yang kusam dan kering dapat menghambat proses regenerasi sel. Akibatnya, Anda tampak lebih tua dari umur sesungguhnya.

Carol Belanger dari Yahoo!Shine menulis beberapa cara merawat kulit, mencegah penuaan dini, dan membuat kulit sehat bercahaya, antara lain:

- Gunakan tabir surya. Tanda-tanda kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari seperti noda coklat memang baru akan terlihat setelah Anda melewati usia 50 tahun. Namun sebaiknya jangan pernah lupakan tabir surya setiap Anda akan keluar rumah.

- Hindari godaan memencet jerawat atau komedo. Gunung-gunung lemak kecil ini harus diatasi dengan alat dan produk perawatan yang tepat, bukan dengan jari Anda. Anda boleh memencet jerawat jika Anda menginginkan wajah penuh noda.

- Bersihkan dandanan sebelum tidur. Tidur dengan make up penuh menyebabkan iritasi kulit dan pori-pori tersumbat.

- Makan makanan yang benar. Artinya, kurangi makanan cepat saji dan konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam lemak Omega-3. Makanan cepat saji mengandung lebih banyak gula, asam, dan lemak jenuh. Bahan-bahan ini tidak memiliki kegunaan apa pun bagi kesehatan maupun kulit Anda. Bahkan sejumlah dermatolog menyatakan bahwa makanan seperti ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit.

- Minum air putih. Minuman berkalori tinggi seperti soda hanya menambah bobot Anda. Selain air putih, mungkin Anda dapat mempertimbangkan meminum teh herbal.

- Berhenti merokok. Mengisap tembakau hanya merusak kesehatan.

- Jangan mandi air panas berlama-lama. Air panas dapat mengikis minyak alami kulit sehingga kulit akan menjadi kering, bahkan gatal. Sebaiknya gunakan air hangat dan mandi dengan cepat. Selepas mandi, jangan lupa gunakan pelembab.

- Berhenti menghabiskan uang untuk produk kecantikan. Jangan mudah tergiur dengan iklan yang mengatakan bahwa produk A dapat membuat Anda cantik seperti bintang film. Kenali jenis dan kebutuhan kulit Anda sebelum membelanjakan uang untuk membeli produk yang ternyata tidak Anda butuhkan.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024