Minum Bir Perkuat Tulang

VIVAnews - Konsumsi alkohol tak selamanya buruk. Dengan takaran dan pilihan jenis yang tepat, alkohol bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Studi yang dilakukan para peneliti Universitas California mengungkap bahwa bir mengandung nutrisi yang baik untuk kepadatan mineral tulang (bone mineral density/ BMD). Bir membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 100 jenis bir yang dipasarkan di Amerika Serikat. Para peneliti menemukan kandungan silikon dalam bir yaitu mineral yang membantu pembentukan massa tulang. Silikon inilah yang bermanfaat memperkuat struktur tulang.

Dalam setiap gelas bir mengandung sekitar 6,4 sampai 56,5 mg/L silikon. Dan setiap dua gelas bir, sekitar 30 mg/L silikon. Asupan silikon yang baik dalam tubuh sekitar 20 sampai 50 mg/L. Sebab itu, tak dianjurkan mengonsumsi bir lebih dari dua gelas per hari. 

Takaran yang tepat adalah satu atau dua gelas bir per hari. Konsumsi bir melebihi takaran yang dianjurkan, justru akan berdampak negatif bagi tubuh. Konsumsi alkohol berlebih memperbesar risiko hipertensi, kanker, dan gangguan organ hati.

"Jadi pilihlah jenis minuman alkohol favorit Anda, dan nikmatilah dengan takaran cukup. Jangan berlebihan agar Anda bisa mengambil manfaatnya," kata Davis, ketua tim peneliti dari Universitas California kepada LiveScience.

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024