« Kembali
Empat Makanan Penangkal Jerawat
Cobalah cara alami membasmi jerawat dengan mengatur asupan gizi.
Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni
Jum'at, 12 Februari 2010, 11:13 WIB
Noda jerawat (dok. Corbis)
Noda jerawat (dok. Corbis)

VIVAnews - Masalah jerawat lebih sering ditangani dengan obat luar saja. Biasanya, menggunakan salep atau krim obat jerawat. Padahal sebenarnya jerawat juga harus ditangani dari dalam.

Cobalah memperbanyak konsumsi empat jenis makanan berikut, saat jerawat bermunculan:

- Kacang brazil.  Kandungan selenium kacang brazil yang sangat tinggi menjadi sumber antioksidan yang sangat baik. Zat antioksidan dapat mengurangi pertumbuhan jerawat, karena melindungi sel dari peradangan dan mempertahankan elastisitas kulit. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi kacang brazil bersamaan dengan sayuran yang mengandung banyak vitamin A dan E.

- Makanan laut. Saat berjerawat Anda membutuhkan asupan zinc yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan laut seperti kerang atau ikan. Zinc bisa membantu mengontrol hormon pemicu jerawat dan membantu tubuh untuk lebih cepat menyerap vitamin A yang sangat bagus untuk kulit. Untuk pria, direkomendasikan mengonsumsi 11 miligram per hari dan wanita 8 milligram.

- Salmon. Beberapa ahli kulit mengungkap asam omega-3 bisa membantu mencegah peradangan di kulit dan mengontrol pertumbuhan jerawat. Anda bisa mendapatkan asam omega-3 dengan mengonsumsi salmon, avokad, sarden dan kenari. Konsumsilah makanan mengandung asam omega-3 tinggi minimal dua kali seminggu. Saat memasak, gunakalah minyak zaitun, karena kandungan asam omega-3 juga tinggi.

- Buah-buahan berwarna. Perbanyak konsumsi buah berbagai warna saat sedang berjerawat, seperti wortel, apel, semangka, dan jeruk. Kandungan beta karoten pada buah-buahan berbagai warna sangat tinggi dan bisa memenuhi nutrisi untuk kulit. Jerawat pun cepat hilang dan kulit menjadi lebih sehat.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id