9 Trik Agar Si Kecil Mau Sarapan

VIVAnews - Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan. Namun banyak anak-anak yang enggan untuk sarapan.

Padahal, salah satu penelitian membuktikan, anak-anak yang memulai harinya di sekolah dengan sarapan memiliki daya ingat lebih tajam dan kemampuan menyerap pelajaran lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan.

Sarapan atau makan pagi sangat penting diberikan kepada anak di usia sekolah, maka dari itu orangtua harus selalu memberikan dan juga membiasakan anak untuk sarapan setiap pagi, karena dengan sarapan banyak manfaat yang bisa kita peroleh dan dapat melatih anak untuk disiplin.

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Namun terkadang anak-anak enggan melakukan kegiatan ini di pagi hari. Sebagai orangtua Anda harus pandai menarik perhatiannya agar si kecil mau melakukan sarapan dengan rutin.

Bagaimana caranya, berikut trik dari Sue Johnson penulis buku Grandloving: Making Memories with Your Grandchildren yang bisa Anda terapkan pada anak :

1. Mengundang Seorang Teman

Izinkan anak-anak untuk membawa boneka binatang favorit ke meja. Ini sangat istimewa membawa "teman" ekstra membantu memberikan keamanan dan kenyamanan untuk kecil.

Sebagai tips, sediakan kursi khusus untuk teman makan istimewa, perlakukan seperti teman sungguhan, letakkan alas dada pada boneka dan dudukkan di samping anak Anda.

2. Sediakan Alat Makan Menarik

“Buat alas makan favorit yang menampilkan foto-foto keluarga”, saran Johnson. Bisa juga gunakan alat makan berwarna-warni, mulai dari piring, mangkuk, dan sendok garpu. Ini bisa menambah selera makan si kecil.

3. Hias Hidangan dengan Bentuk Unik

Buat wajah tersenyum, kereta api, atau gambar konyol dari telur, pancake, bacon, atau roti panggang. Bahkan lebih baik, biarkan anak-anak membuat desain sendiri. "Semakin banyak disain makanan yang mereka buat sendiri, semakin besar kemungkinan mereka akan memakannya," kata Shannon Seip, rekan penulis Appetit Bean: Hip & Health Ways to Have Fun with Food.

4. Berikan Sentuhan Warna pada Oatmeal

Siapkan semangkuk oatmeal, dan aduk dengan satu atau dua tetes pewarna makanan, atau membiarkan anak-anak menambahkan warnasesuai dengan selera mereka sendiri. Mengagumi karya seni, kemudian membiarkan mereka melahapnya.

Sebagai tips, aduk oatmeal dengan warna warni dari buah alami seperti stroberi atau blueberry untuk tambahan rasa.

5. Kreasikan Pancake yang Anda buat

Pancake adalah sarapan favorit semua orang. Buat pancake dengfan cetakan khusus dan agar lebih menarik sebagai campurannya tambahkan buah cincang, seperti blueberry, stroberi, atau pisang, ke dalam adonan. Ini bisa membuat pancake terasa lebih manis, tapi dengan cara yang sehat.

6. Kreasikan Orak Arik telur dan Daging Ham
Cara termudah untuk membuat hidangan Dr. Seuss yang terkenal menyarankan membuat orak-arik untuk si kecil. Ini sangat mudah dan cukup enak. Supaya lebih menarik, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan seperti warna hijau pada telur sebelum digoreng.

7. Pemanggang Seni

Ada objek tertentu yang membuat anak terpesona saat melihatnya. Gunakan pemotong kue khusus untuk membentuk roti seperti bentuk yang anak-anak suka. Sebelum di panggang dalam oven tentukan, objek apa yang bisa menarik perhatiannya, bisa bebek kura-kura atau lainnya.

8. Bentuk Ukuran mini untuk Kue

Anak Balita sangat menyukai makanan sesuai dengan ukuran mereka. Pikirkan cara membuatnya dalam bentuk mini seperti, mini-muffin, dolar perak pancake, roti tongkat, anggur, dan buah.

9. Beri mereka waktu untuk menyiapkan sarapan sendiri

Biarkan si kecil mengolah sarapannya sendiri. Dan ajak dia makan bersama satu meja. Jangan lupa berikan pujian terhadap hasil masakannya. Ini bisa membangkitkan selera makannya.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun saat memberikan keterangan pers Jendral TNI bintang dua gadungan.(B.S.Putra/VIVA)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Pria berinsial JJ, mengaku sebagai anggota TNI pangkat Mayor Jenderal ditangkap saat mendatangi Markas Kodam I Bukit Barisan (BB). Ternyata TNI gadungan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024