Waspadai Serangan Penyakit Bayangan

VIVAnews - Selama bertahun-tahun, ahli medis menunjukkan bahwa suatu gejala penyakit kerap merupakan penanda penyakit lain yang lebih serius. Misalnya migren diketahui sering berkaitan dengan stroke atau serangan jantung.

Dalam dunia kedokteran, kondisi ini disebut shadow disease atau penyakit bayangan. Penyebabnya bermacam-macam, seperti penyakit pertama menimbulkan kerusakan tubuh yang mengakibatkan penyakit lain. Atau perilaku hidup yang tidak sehat.

Kini, peneliti telah menemukan sejumlah penyakit lain yang bisa jadi adalah awal penyakit lain. Antara lain:

1. Migren
Penyakit bayangan: Stroke atau serangan jantung.
Sakit kepala sebelah merupakan keluhan yang umum dilontarkan masyarakat perkotaan. Jika Anda terserang migren minimal sekali sebulan, Anda memiliki risiko terkena penyakit jantung 50 persen lebih tinggi dari mereka yang tidak pernah mengalami migren. Namun penelitian pada 2007 telah berhasil menemukan metode pengobatan jantung yang dibutuhkan penderita migren.

2. Endometriosis
Penyakit bayangan: Kanker kulit.
Endometriosis merupakan kondisi medis pada perempuan yang ditandai dengan tumbuhnya sel endometrium di luar kandung rahim. Pada 2007, riset membuktikan bahwa penderita endometriosis lebih rentan terkena kanker kulit.
"Jika Anda mengalami gejala endometriosis seperti nyeri saat haid, nyeri pinggang yang kronis, nyeri pada saat berhubungan intim, hingga kemandulan, periksakan juga kesehatan kulit Anda," kata profesor dermatologi Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Jeffrey P. Callen seperti dikutip laman majalah Prevention.

3. Tekanan darah tinggi
Penyakit bayangan: Diabetes.
Risiko diabetes meningkat seiring dengan bertambahnya tekanan darah Anda. Peneliti Brigham and Women's Hospital, David Conen menduga dua masalah ini memiliki penyebab serupa seperti kelainan saluran darah.

4. Psoriasis
Penyakit bayangan: Serangan jantung.
Penyakit kulit ini bukan hanya mampu membuat Anda merasa tidak nyaman namun juga meningkatkan risiko serangan jantung. Peneliti menyatakan bahwa tingkat risiko penyakit jantung berkaitan erat dengan kondisi psoriasis yang diderita.

"Menurunnya daya tahan tubuh yang menyebabkan psoriasis dapat menyebabkan kerusakan arteri jantung," ujar peneliti dari Universitas Pennsylvania, Joel M. Gelfand.

5. Gangguan metabolik
Penyakit bayangan: Batu ginjal.
Gangguan metabolik atau metabolic syndrome adalah gangguan kesehatan serius yang dapat menyebabkan serangan jantung, diabetes, bahkan kematian. Penyakit ini dapat muncul jika Anda memiliki lemak perut berlebihan, tekanan darah tinggi, kadar HDL (lemak baik) rendah, dan toleransi glukosa rendah.

Selain penyakit-penyakit itu, gangguan metabolik berada di balik meningkatnya penderita batu ginjal. Seluruh penyakit tersebut dapat dihindari dengan menjaga bobot tubuh dan makan makanan sehat.

6. Asma
Penyakit bayangan: Depresi dan gangguan psikiatris.
Penelitian-penelitian terakhir mengungkapkan kaitan antara asma dengan masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan. Pada 2004, Pusat Pencegahan dan Pengawasan Penyakit Amerika Serikat mengumumkan bahwa 18 persen pasien asma mengalami penyakit mental.

"Kaitan ini telah menjadi perdebatan selama 20 tahun, tapi telah diterima selama lima tahun terakhirm" kata profesor psikiatri Universitas Colorado, Bruce G. Bender.

Penelitiaj yang dilakukan veteran militer yang mengalami stres pasca-trauma juga mengonfirmasi hubungan antara asma dengan kelainan psikologis. Bender memperkirakan kesulitan pernapasan dapat menyebabkan kecemasan bahkan depresi.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024