Cara Menjaga Buah & Sayur Tetap Bervitamin

VIVAnews - Buah dan sayur terkenal kaya akan vitamin dan tidak ada keraguan tentang hal itu. Menurut Weston A. Price Foundation, vitamin dan mineral dalam buah dan sayur berperan penting dalam membangkitkan energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun kita sering tidak menyadari bahwa cara yang salah saat menyiapkan buah dan sayur dapat menurunkan jumlah vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk menyiapkan buah dan sayur agar enak namun tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi dan lebih enak untuk dinikmati.

Belanjalah buah dan sayuran beberapa kali dalam seminggu, jangan hanya sekali dalam seminggu. Semakin segar buah dan sayuran, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Buah dan sayuran yang sudah tua atau lemas karena disimpan lama akan membuat nutrisi yang terkandung dalam buah menurun, karena sudah teroksidasi dengan lingkungan lebih banyak.

Jika Anda membeli buah dan sayur beberapa kali dalam seminggu, maka akan lebih segar dan akan mengandung lebih banyak zat gizi.

Potonglah sayuran pada menit terakhir sebelum memasak atau memakan sayuran agar sayuran akan tetap terjaga kandungan gizinya pada saat-saat awal dipotong. Karena itu, selalulah membeli sayur dan buah-buahan secara keseluruhan dan hanya dipotong sebelum memakannya.

Jangan terlalu banyak menggunakan air saat merebus sayuran sebab semakin banyak air yang digunakan, semakin banyak mineral sayuran yang keluar.
Semakin banyak air yang digunakan untuk merebus sayuran, semakin lama pula waktu yang diperlukan agar air mendidih. Suhu panas akan membuat vitamin hancur.

Karena itu, masukkan air seperlunya dan rebus sesingkat mungkin sehingga gizi dalam sayuran tetap bertahan. Setelah itu makanlah sebagian besar buah dan sayuran mentah.

Memasak sayuran kadang-kadang baik, namun menurut Weston A. Price Foundation, panas dan oksidasi dapat menghancurkan vitamin.

Karena itu seringlah makan buah dan sayuran mentah. Namun yang perlu Anda ingat, tidak semua sayuran aman dimakan saat mentah, misalnya kentang. Sayuran yang baik jika dimakan mentah adalah seledri, tomat, mentimun, dan wortel.

Laporan: Djamilah

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024