Kenali Gangguan di Awal Kehamilan

VIVAnews - Kehamilan merupakan anugerah bagi pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati. Namun ada beberapa gejala kelainan selama kehamilan yang perlu Anda perhatikan sejak dini.

dr. Hendro Sudarpo SpOG dari Siloam Hospital Lippo Cikarang memberikan beberapa hal sederhana yang dapat mendeteksi adanya kelainan selama masa kehamilan.

Menurut Ginekolog dan Obstetrik ini, sejak terbentuknya embrio hingga usia tiga minggu kehamilan, bayi masih sangat kecil dan kadang belum terlihat. “Namun saat USG, biasanya kondisi kantong kelahiran bisa memperlihatkan kondisi bayi,” ungkapnya.

Kantung kelahiran yang bulat sempurna merupakan tanda awal calon janin tumbuh sehat. Sebaliknya, jika kantong kelahiran terlihat tidak sempurna seperti peyot, itulah tanda awal adanya kelainan. “Itu pertanda ada kelainan pada bayi,” katanya.

Tanda lain yang perlu diperhatikan menurut Hendro adalah flek atau pendarahan yang terjadi selama kehamilan. “Flek itu tanda-tanda keguguran dan merupakan pantangan bagi orang hamil,” ungkapnya. Flek yang berlangsung terus menerus menurut Hendro perlu diwaspadai.

Menurutnya, biasanya Obstetrik atau Ginekolog akan menunggu perkembangan kehamilan seperti itu selama dua-tiga minggu. “Jika memang selama itu bayi tidak bertumbuh, biasanya dokter menyarankan untuk menggugurkan kandungan agar kehamilan berikutnya lebih sehat,” kata Hendro.

Bagi kehamilan pada pasangan yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya, tidak dianjurkan melakukan hubungan suami istri hingga minggu ke-16. “Kalau tidak ada riwayat keguguran, silakan saja asal posisi selama berhubungan lebih santai dan tidak sama seperti saat tidak hamil,” katanya.

Selama masa kehamilan trisemester pertama, dr. Hendro menganjurkan untuk mengkonsumsi asam folat dan belum menyarankan minum multivitamin. Hingga minggu ke-12, semua organ bayi terbentuk lengkap meskipun dalam ukuran kecil. Barulah setelah itu, selain otak yang terus berkembang hingga bayi lahir dan berusia tiga tahun, semua organ berkembang. “Perbanyak makan tomat, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan,” katanya.

Multivitamin di trisemester pertama belum diperlukan. Seringkali kandungan zat besi dalam multivitamin membuat ibu hamil sulit buang air besar. “Sebaiknya minum multivitamin setelah trisemester pertama.”

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai
Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024