Orang Dewasa Juga Perlu Vaksinasi

VIVAnews - Agar kebal dari penyakit, bayi dan anak-anak perlu mendapat vaksinasi. Ketika beranjak dewasa, ternyata vaksinasi juga masih dibutuhkan. Vaksinasi apa saja yang dibutuhkan kaum dewasa?

Prof. DR. dr. Samsuridjal Djauzi Sp.PD, K-AI, FACP, FINASIM dari PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) dan Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa menyatakan, “Tidak tepat jika dikatakan bahwa sistem kekebalan tubuh orang dewasa sudah terbentuk sempurna sehingga orang dewasa tidak lagi memerlukan vaksinasi. Orang dewasa memerlukan vaksinasi terutama untuk menghindari dari penyakit-penyakit infeksi berbahaya dan menular.”

Masalahnya, di Indonesia pemberian vaksinasi bagi orang dewasa kurang diperhatikan. Beberapa faktor penyebabnya adalah kurangnya informasi mengenai efektivitas vaksin, belum tersosialisasinya pedoman dengan baik, terbatasnya akses layanan vaksinasi dan biaya vaksinasi yang bervariatif, serta belum ada dukungan pembiayaan asuransi.

Padahal, menurut Prof Samsuridjal, selain bisa mencegah penyakit, vaksinasi ini juga dapat mengurangi kebutuhan biaya pengobatan yang makin melonjak, serta mengurangi kejadian penyakit luar biasa (wabah).

Vaksinasi untuk orang dewasa yang tersedia di Indonesia adalah vaksin hepatitis A, hepatitis B, tetanus, MMR, tifoid, influenza, pneumokok, meningokok dan vaksin kanker serviks.

Di negara yang relatif sudah maju seperti Australia, program vaksinasi dewasa sudah menjadi program pemerintah, salah satu contohnya adalah pemberian vaksinasi kanker serviks.

Prof. dr. Jeffrey Tan, ahli kanker kandungan dari Australia, menyatakan, “Pemerintah Australia merasa perlu untuk melakukan upaya pencegahan kanker serviks sedini mungkin. Sejak tahun 2007 program vaksinasi kanker serviks telah dijalankan oleh pemerintah Australia khusus untuk remaja putri usia 12-13 tahun dan telah mencapai cakupan 86%. Program publik tersebut diharapkan dapat menurunkan angka kejadian kanker serviks (penurunan infeksi HPV tipe 16 sebesar 56% pada tahun 2010, dan 92% pada tahun 2050).

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang
Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024