« Kembali
Makanan Pemicu Jerawat
Jerawat disebabkan pori-pori yang tersumbat karena kelenjar minyak yang terlalu aktif.
Umi Kalsum
Rabu, 24 Februari 2010, 16:44 WIB
Noda jerawat (dok. Corbis)
Noda jerawat (dok. Corbis)

VIVAnews - Jerawat adalah musuh setiap orang, khususnya wanita. Satu jerawat saja bercokol di pipi bisa membuat wanita uring-uringan. Apa sih jerawat itu?

Jerawat disebabkan pori-pori yang tersumbat karena kelenjar minyak yang terlalu aktif. Meskipun banyak ahli medis yang menyangkal adanya hubungan antara jerawat dengan makanan yang kita konsumsi, tidak ada salahnya menghindari beberapa makanan yang diduga dapat memicu timbulnya jerawat.

Gula dan Cokelat
Cokelat mungkin salah satu makanan yang paling memicu timbulnya jerawat. Archives of Dermatology menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan yang memiliki skala Glycemic Index tinggi, biasanya pada karbohidrat olahan seperti gula dapat menyebabkan munculnya jerawat akibat peningkatan kadar hormon.

Susu

Beberapa penelitian menunjukkan asupan susu tinggi dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat. Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih dari dua porsi per hari cenderung menderita jerawat yang lebih parah. Hal itu disebabkan peningkatan pertumbuhan hormon yang menyebabkan kelenjar sebaceous di kulit jadi tersumbat.

Yodium

Yodium dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang dapat mengiritasi kulit yang sudah rentan terhadap jerawat. Yodium bisa ditemukan dalam ikan dan kerang karena air laut mengandung yodium. Selain itu sumber lainnya berasal dari garam beryodium yang merupakan komponen dari beberapa jenis makanan kaleng.

Kafein dan Alkohol

Kafein dianggap memicu munculnya jerawat karena dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat. Selain kafein, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, khususnya testosteron yang dapat menyebabkan jerawat lebih sering muncul.

Makanan yang Membuat Alergi

Masalah kulit sering muncul akibat alergi pada makanan, terutama susu dan telur. Jerawat muncul karena sistem kekebalan  tubuh mencoba melawan racun yang dirasakan. Seorang ahli alergi telah mendiagnosa dan mengkonfirmasikan hubungan alergi makanan dengan jerawat yang parah.

Buah dan Sayur yang Bersifat Asam

Beberapa buah-buahan dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan daun selada. Tingkat keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena itu harus dihindari.

Laporan: Djamilah

• VIVAlife   |   Share :  
  • tya
    28/02/2010
       Laporkan
    waduw makan apapun ga boleh/musti dikurangi.. telur, ayam, daging, kacang-kacangan, susu, ikan,... jeng.. nggak kurus kering itu? atau lebih parahnya kurang gizi? masa mo ditandem ma minum vitamin, dll, obat2an plus pil tablet penambah gizi? makin ga se | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id