VIVALIFE

Makanan Terbaik Untuk Tulang

Tulang juga membutuhkan magnesium, protein dan kalium.
Jum'at, 26 Februari 2010
Oleh : Finalia Kodrati, Lutfi Dwi Puji Astuti
Tumis Bayam

VIVAnews - Tak hanya tubuh, tulang Anda juga memerlukan nutrisi agar tetap sehat. Selain kalsium dan vitamin D dibutuhkan pula nutrisi lain untuk menjaga keseimbangannya.

Prevention advisor and Tufts University bone researcher Katherine Tucker, PhD menyatakan, selain kalsium dan Vitamin D, tulang juga membutuhkan protein, magnesium, kalium, vitamin K dan vitamin B 12. Tapi berapa banyak nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat.

Berikut takaran nutrisi untuk tulang :

 • Protein bisa membentuk tulang sehat. Untuk mendapatkan tulang sehat, disarankan mengkonsumsi protein 46-56 gram per hari. Protein bisa Anda peroleh dari 1% cottage cheese (28 g per cangkir), ayam kalkun (22 gram per kue pastel), tahu (7 gram perhari atau 4 blok).

 • Magnesium dengan kalsium berguna untuk membangun massa tulang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bermagnesium 400 mg perhari . Bisa diperoleh dari oat bran (110 mg per ½ cangkir), biji labu (151 mg per 1 ons), artichoke (50 mg per ½ cangkir, dimasak), beras (42 mg per ½ cangkir, dimasak).

 • Kalium, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berkalium 4.700 mg per hari. Sumber terbaik kalium adalah jus jeruk (1.435 mg ), kismis (1.086 mg per cangkir), ikan (916 mg dalam ½ fillet), susu bebas lemak (850 mg ).

 • Vitamin K bisa diperoleh dari 1 cangkir bayam yang sudah dimasak, brokoli, atau kol brussels.

 • Vitamin B12 , kekurangan B12 , kekuatan tulang bisa melemah. Mengambil multivitamin yang mengandung 100% DV (2,4 mcg) bisa memperkuat tulang.

TERKAIT