VIVALIFE

Cemilan Enak & Sehat Untuk di Kantor

Makan setiap empat jam dapat membantu metabolisme Anda berjalan baik.
Rabu, 3 Maret 2010
Oleh : Finalia Kodrati, Anda Nurlaila
Buah segar

VIVAnews - Bekerja delapan jam atau lebih dalam sehari di kantor membuat orang sering sulit mengasup makanan sehat kecuali apabila telah direncanakan sebelumnya seperti membawa bekal sendiri. Alhasil, banyak karyawan yang asal memilih makanan yang penting dapat mengenyangkan perut.

Penelitian menunjukkan bahwa makan setiap empat jam membantu metabolisme Anda berjalan baik dan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi. Jika sedang menghadapi tugas-tugas di kantor, Anda bisa mengasup camilan sehat dan kurang dari 200 kalori di hari-hari sibuk Anda.

- Biskuit dan Selai Kacang

Jangan lupa menyimpan biskuit dan selai kacang di dekat meja Anda. Jika lapar menyerang saat bekerja, dua biskuit dan satu sendok selai kacang adalah solusinya. Camilan kaya gizi ini hanya memiliki 193 kalori dan 2 gram serat. Kombinasi karbohidrat dan protein kompleks membantu menjaga kadar gula darah anda stabil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

- Buah

Sediakan apel, pisang, pir, anggur, atau buah yang mudah Anda temukan setiap pagi. Buah memiliki sekitar 70 kalori sehingga saat  dipasangkan dengan secangkir susu bebas lemak (sekitar 90 kalori) akan memenuhi kebutuhan protein dan ekstra kalsium dan vitamin D. Kombinasi protein dan serat akan membuat Anda merasa kenyang.

- Popcorn dengan Parmesan

Popcorn reguler dengan dua sendok makan irisan keju parmesan sanggup menjaga tingkat energi Anda. Popcorn dengan cepat mengganti energi dan hanya memiliki 150 kalori. Camilan asin ini dianggap sebagai satu dari tiga porsi harian biji-bijian untuk meningkatkan energi dan menjaga suasana hati Anda.

- Kacang

Sediakan kacang-kacangan renyah kaya lemak sehat tapi padat kalori (sekitar 170 kalori per ons). Simpan satu ons atau 24 butir kacang almond dalam laci meja kantor Anda. Tiga butir almond merupakan sumber alami vitamin E, kalsium, magnesium, dan potasium, dan kaya protein dan serat.

- Oatmeal instan

Saat sedang terburu-buru dan ingin makan, sebungkus oatmeal (110 kalori) dapat segera mengenyangkan dan menghangatkan badan. Sebagai tambahan, masukkan havermut atau kismis dan sedikit penyedap. Oatmeal adalah sarapan kaya serat dan cocok sebagai makanan ringan atau camilan di siang hari. Oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

- Snack Bar

Tak ada salahnya menyimpan makanan manis sekaligus sehat sebagai camilan di kantor atau di tas Anda. Snack bar merupakan camilan yang mengandung serat, tidak mengandung tambahan gula, dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti kurma, almond, kacang mete, dan cranberry. Bar ini kaya serat, rendah sodium, penuh dengan vitamin dan mineral, dan hanya memiliki 200 kalori per porsi.

TERKAIT
TERPOPULER