VIVALIFE

Alat Tes Kesuburan Pria

Pria juga bisa melakukan tes kesuburan di rumah dengan mudah.
Rabu, 3 Maret 2010
Oleh : Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Sinar Matahari Tingkatkan Kesuburan Pria

VIVAnews - Bukan hanya wanita yang bisa melakukan tes kesuburan dengan mudah di rumah. Kini, pria juga bisa melakukannya. Sebuah alat baru saja diciptakan yang cara kerjanya mirip dengan alat tes kesuburan wanita, dan berfungsi untuk mengetahui kesuburan pria.

Alat yang diberi nama "SpermCheck Fertility" akan segera beredar di Eropa dan dalam proses pengujian dan pemeriksaan oleh badan pemeriksa obat Amerika Serikat (Food and Drug Administration). Harga alat tersebut cukup murah yaitu US $ 25, jika dibandingkan dengan pemeriksaan di rumah sakit.

Pengujian dilakukan pada pasangan yang sedang berusaha mendapat keturunan dan belum berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesuburan pada pria dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

"Produk ini bisa menganalisa semen dengan biaya yang lebih rendah. Selain itu, banyak juga pria yang keberatan dan gengsi saat diminta ke dokter untuk memeriksakan kesuburan," kata Dr. John C. Herr dari University of Virginia, Amerika Serikat, seperti VIVAnews kutip dari MSNBC.

Dalam jurnal Human Reproduction, Herr dan timnya mengungkapkan mereka melakukan studi perbandingan antara "SpermCheck Fertility" dengan pemeriksaan standar sperma di laboratorium dengan menggunakan 225 sample semen. Hasilnya, tes dengan menggunakan "SpermCheck Fertility", keakuratannya mencapai 95 persen.

Sebanyak 20 juta atau lebih sperma per mililiter semen dianggap normal. Dari tes menggunakan "SpermCheck Fertility" akan diketahui apakah seorang pria memiliki jumlah sperma yang sangat rendah (di bawah 5 juta sperma per mililiter) atau tidak. Karena, jumlah sperma sangat mempengaruhi kesuburan pria.

Untuk melakukan tes sederhana dengan "SpermCheck Fertility" semen harus didiamkan selama 20 menit. Lalu, dengan menggunakan pipet, campur sebanyak 100 mikroliter semen dengan substansi yang disebut buffer. Campuran tersebut kemudian diteteskan pada wadah, dan hasilnya akan bisa diketahui sekitar tujuh menit kemudian.

TERKAIT
TERPOPULER