11 Makanan Paling Terkontaminasi Pestisida

VIVAnews - Membeli bahan makanan organik memang lebih mahal ketimbang bahan makanan non-organik, sebab banyak orang khawatir, jika mengonsumsi makanan non-organik dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker, infertilitas dan gangguan kondisi neurologis, seperti parkinson. Hal ini bisa terjadi karena banyak makanan non-organik baik buah dan sayur banyak menyerap pestisida yang meninggalkan jejak residu dalam buah dan sayur yang bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Namun, Anda perlu tahu, beberapa makanan non-organik yang menggunakan pestisida juga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk lebih menghemat anggaran, Anda pun perlu tahu bahan makanan apa saja yang paling banyak terkontaminasi dengan residu pestisida. Sehingga, Anda pun wajib membeli bahan makanan organik baik buah dan sayur mayur. Environmental Working Group (EWG), telah mengidentifikasi 15 buah-buahan dan sayuran yang paling mungkin terkontaminasi dengan residu pestisida :

1. Asparagus
2. Alpukat
3. Brokoli
4. Kubis
5. Terong
6. Kiwi
7. Mangga
8. Bawang
9. Pepaya
10. Nanas
11. Jagung manis (beku)
12. Kacang manis (beku)
13. Ubi
14. Tomat
15. Semangka

EWG juga mengidentifikasi 11 buah-buahan dan sayuran yang paling mungkin memiliki jumlah jejak residu pestisida lebih tinggi. Jika anggaran Anda memungkinkan, ada baiknya membeli makanan organik dari 11 jenis sayuran dan buah di bawah ini :
1. Apel
2. Wortel
3. Seledri
4. Ceri
5. Anggur (impor)
6. Selada
7. Nectarine atau madu
8. Peach atau persik
9. Pir
10. Paprika manis
11. Stroberi

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024