Manfaat Bawang Putih

VIVAnews - Bawang putih bukan sekadar bumbu penyedap masakan. Bumbu dapur yang satu ini memiliki beragam manfaat, mulai dari mengobati dan mencegah infeksi saluran kencing, meredakan pilek, hingga mencegah kanker.

Mengobati infeksi saluran kecing
Selain minum jus cranberry, diet dengan konsumi makanan mengandung bawang putih juga membantu mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Amanda Ursell, pengarang 'The Complete Guide to Healing Foods', mengungkap, bawang putih memiliki sifat antibakteri alami.

Mencegah kanker
Cacahlah bawang putih dan diamkan selama 10 menit, sebelum mengolahnya. Ahli nutrisi dari American Institute for Cancer Research menemukan, kandungan belerang pencegah kanker dalam bawang putih sepertiga kali lebih besar, dibandingkan jika bawang segera dimasak.

Menghilangkan gatal di kaki
Masukkan beberapa siung bawang putih ke dalam air mendidih. Dinginkan hingga mencapai suhu hangat, lalu tuangkan ke dalam ember. Gunakan air itu untuk merendam kaki. Jangan khawatir, air rebusan bawang putih tidak akan meninggalkan bau. Debra Rouse, dokter naturopati di Denver, menjelaskan, bawang putih adalah antimikroba alami.

Memerangi pilek
Saat mengalami tanda-tanda awal pilek, coba gunakan beberapa trik dari Gowsala Sivam, pakar University Bastyr Kenmore, Washington. Masukkan dua siung bawang putih ke dalam microwave  selama 25 detik. Setelah dingin, kupas dan makan. Senyawa belerang dalam bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi infeksi.

Pencegah hama tanaman
Tanam bawang putih di samping semak-semak mawar untuk mengusir hama secara alami. (pet)

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024
Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetujui pendanaan federal sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 951,3 miliar membangun kembali jembatan Baltimore

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024