Bantu Si Kecil Hidup Sehat Lewat Permainan

VIVAnews - Mengajarkan pola makan sehat kepada anak sejak dini sangat penting. Selipkan ilmu seputar nutrisi dengan kegiatan atau permainan menarik. Jangan biarkan anak memiliki pola makan salah yang dapat memicu obesitas. 

Dimulai dari toko 
Mulailah memberikan pengetahuan tentang gizi dari pasar, toko atau pusat perbelanjaan. Tantang anak memilih satu jenis buah atau sayur baru setiap kali berbelanja. Biarkan mereka memulai petualangan, dan Anda mencatat pilihan mereka.

Dengan aktivitas semacam itu, orangtua bisa memberikan pengetahuan lewat sayur dan buah yang mereka pilih. Tentunya dengan bahasa sederhana yang sesuai dengan usia anak.

Bermain kartu merah, kuning dan hijau
Kumpulkan sejumlah foto makanan, dari yang sehat hingga junk food. Ajak anak terlibat dalam permainan sederhana dengan menentukan warna kartu untuk setiap makanan. Misalnya, kartu hijau untuk sayur dan buah, lampu kuning untuk makanan yang tak boleh terlalu banyak dikonsumsi, dan lampu merah untuk makanan 'jahat' seperti permen, soda, kue dan keripik.

Ketika anak salah meletakkan kartu, jangan hakimi dia. Lebih baik, tanyakan alasannya terlebih dahulu, baru menjelaskan warna yang tepat.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Buat tema makanan harian
Tetapkan warna makanan yang ia makan setiap hari. Misalnya hari Senin, sarapan apel dan roti gandum. Siangnya, siapkan daging ikan dan sayuran hijau, diikuti makan malam pasta dan susu rendah lemak. Jelaskan kepada anak bagaimana makanan alami yang beragam meningkatkan kesehatannya.

Permainan audio visual
Permainan teka-teki yang menampilkan naga dan keluarga yang memakan makanan sehat merupakan salah satu permainan yang bisa diunduh dari situs nutritionexploration.org. Bila menyukai animasi, tayangan 'Dora the Explorer' bisa menjadi pilihan.

Keterampilan tangan
Ajak anak mengenal makanan sehat dengan mewarnai buku bergambar buah, atau membentuk buah dari tanah liat atau lilin aneka warna.

Bisa juga meminta mereka menempel aneka gambar bahan makanan ke sebuah buku khusus. Mulai perkenalkan jenis buah, sayur, susu, daging, karbohidrat, sereal, lemak, minyak, dan protein yang bisa Anda dapat dengan menggunting majalah. Permainan kertas gambar semacam ini akan membantu anak mengingat dan menanamkan komitmen makanan sehat sedini mungkin.

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar
Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024