Keajaiban Makanan untuk Tubuh

VIVAnews - Biarlah makanan menjadi obatmu dan obat menjadi makananmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Kepala Pusat Kesehatan di Cleveland, Michael Roizen, mengatakan, masih banyak orang yang meremehkan kandungan nutrisi sebuah makanan bagi tubuh. Mereka hanya sibuk memperhatikan penampilan.

Padahal, dengan pilihan konsumsi makanan tepat akan tercipta tubuh sehat dan bugar yang sangat menunjang penampilan. Berikut sejumlah makanan yang memberi banyak manfaat untuk tubuh:

Buah Anggur
Kandungan antioksidannya bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas, molekul kecil penyebab kulit kering, penuaan dini, dan gangguan kulit lainnya.

Satu sampai satu setengah cangkir anggur setara dengan 20 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, anggur juga mengandung bahan kimia yang membantu melestarikan protein elastin untuk menjaga elastisitas kulit.

Karbohidrat

Kelly O'Connor dari Mercy Medical Center di Baltimore mengatakan bahwa karbohidrat dapat menstimulasi pembentukan hormon serotonin, yang dapat mengurangi kadar stres dan depresi. Karena itu banyak yang menganggap karbohidrat dapat menciptakan ketenangan pikiran. Makanan mengandung karbohidrat yang terbaik adalah buncis dan roti gandum.

Kenari dan Salmon
Sebuah studi menemukan, makanan seperti ikan, buah-buahan, padi-padian, dan polong-polongan mengandung omega-3 tinggi yang dapat mengendalikan peradangan di seluruh tubuh, termasuk jerawat. “Kenari dan ikan, terutama salmon menjadi makanan wajib bagi wanita yang peduli pada kulitnya,” ucap Nicholas Perricone, asisten profesor kedokteran di Michigan State University's College.

Protein

Kuku terdiri dari lapisan protein yang disebut keratin. Para peneliti yang dari Universitas of North Carolina menemukan bahwa tingkat pertumbuhan kuku dipengaruhi makanan yang kaya protein.

Beberapa makanan mengandung protein yang baik dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, dan kacang. Konsumsi dua telur setara dengan 12,5 gram protein atau 20 persen dari kebutuhan protein per hari sekitar 45-65 gram.

Yoghurt
Bau mulut adalah masalah yang sangat menjengkelkan dan membuat seseorang ketergantungan dengan permen mint. Namun, permen mint ternyata tidak memerangi penyebab utama bau mulut, yakni penumpukan bakteri pada lidah, di antara gigi, dan bagian belakang tenggorokan. Penelitian di Jepang menemukan bahwa yoghurt bebas gula adalah pilihan terbaik untuk menyingkirkan bau mulut.

Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat. Salah satunya, memperlambat produksi bahan kimia yang dapat membuat folikel rambut menyusut. Dr. Roizen merekomendasikan dua hingga tiga cangkir teh setiap hari untuk mencegah rambut menipis.

“Namun jika rambut yang kering dan rontok, itu mungkin pertanda kekurangan zinc," kata Lisa Drayer, penulis 'The Beauty Diet'. Untuk memenuhi kebutuhan 8 miligram zinc per hari, konsumsilah daging kepiting, yoghurt, kacang panjang, kacang hijau, dan labu.

Susu dan Keju
“Ketika perempuan tidak mendapatkan kalsium yang cukup, mereka akan mengalami kram, kembung, dan suasana hati yang tidak enak,” kata Susan, endokrinologi dari New York. Dalam risetnya, dia menemukan bahwa dua iris keju ditambah segelas susu (1.200 miligram kalsium) per hari dapat mengurangi gejala pramenstruasi hingga 48 persen.

Jika Anda cenderung mengalami sakit kepala selama pramenstruasi, itu berarti Anda rendah magnesium. Seperempat cangkir almond atau kacang mete akan membantu memenuhi kebutuhan mineral per hari hingga 30 persen.

Apel
Apel memiliki serat kaya karbohidrat yang dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas lebih lama. Karena itu, Keri Gans, juru bicara American Dietetic Association selalu menganjurkan mereka yang menjalani program diet untuk rajin mengonsumsi apel.

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Laporan: Djamilah

Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024