Alternatif Atasi Nyeri Punggung

VIVAnews - Bagi penderita sakit punggung ringan, ada cara lain untuk mengatasinya. Bertemu dan berbincang dengan banyak orang mampu meringankan ketidaknyamanan itu. Terapi ini membantu keampuhan obat-obatan pereda rasa sakit.

Menurut para peneliti dari University of Warwick, terapi perilaku kognitif dalam kelompok bertujuan mengubah persepsi dan perilaku untuk menghilangkan keyakinan negatif. Ini membantu menghilangkan rasa sakit fisik, bersamaan dengan masalah-masalah psikologis yang menyertainya.

Penelitian melibatkan 700 pasien dengan keluhan nyeri punggung ringan. Selain pengobatan farmasi, setengah dari pasien bergabung dalam grup dan membuat kelompok khusus membaca.

Di akhir perawatan, 59 persen pasien dengan terapi kelompok menyatakan terbebas dari rasa sakit. Sedangkan pasien yang tak bergabung dalam kelompok, hanya 31 persen yang terbebas dari sakit.

Peneliti menemukan, selain ada gangguan fisik, sakit punggung juga disebabkan oleh masalah psikologis. Apabila pasien mulai berpikir dan berdiskusi tentang rasa sakit dengan orang yang memiliki gangguan yang sama, mereka dapat menangani rasa sakit dengan lebih efektif. (pet)

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang
TIm Voli Jakarta Livin Mandiri

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024