Cara Sederhana Cegah Diabetes Tipe 2

VIVAnews - Penyakit diabetes telah menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Sekitar 150 juta penduduk di seluruh dunia menderita penyakit yang kemudian memicu komplikasi penyakit lain seperti jantung dan stroke. Menurut sebuah penelitian berskala internasional, jika belum ada pengobatan yang tepat, jumlah penderita diabetes akan meningkat 50 persen pada 2025.

Sebagian besar penderita diabetes dengan diabetes tipe 2 didapat dari faktor keturunan maupun gaya hidup. Umumnya, diabetes tipe 2 terjadi akibat kelenjar pankreas tidak memproduksi kecukupan hormon insulin. Penyebab lainnya, tubuh tidak mengenali dan menggunakan insulin secara tepat.

Ada lima hal yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes tipe 2 sejak dini.

1. Obesitas berperan penting memicu diabetes tipe 2. Karenanya, sangat dianjurkan mempertahankan berat badan sehat dengan makan ukuran dengan porsi sesuai.

2. Bergerak. Olahraga dan aktif bergerak tidak hanya mencegah agar tubuh tidak kegemukan namun meningkatkan produksi hormon insulin dan kemampuan tubuh menggunakannya.

3. Asupan biji-bijian. Makanan berupa biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan gandum mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Periksakan tekanan darah secara teratur. Apabila dari hasil pemeriksaan ternyata tekanan darah melebihi batas normal, segera konsultasikan dengan dokter untuk menurunkan tekanan darah melalui diet, olahraga, atau obat-obatan.

5. Batasi konsumsi alkohol. Minum alkohol satu atau dua kali sehari masih dianggap jumlah yang sehat. Tetapi jika konsumsi alkohol terlalu tinggi, risiko terkena diabetes tipe 2 juga berlipat. Bir, wine dan minuman beralkohol lain mengandung karbohidrat yang meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024