Maksimalkan Internet untuk Perbaiki Citra

VIVAnews - Kontroversi seputar aktris Luna Maya atau motivator Mario Teguh setelah mereka menulis kata-kata yang dianggap tidak pantas di laman jejaring sosial Twitter membuat citra dua figur publik tersebut memburuk. Akibatnya, selain penggemar beralih ke selebritas lain, pendapatan pun menurun karena brand memutus kontrak.

Kasus yang sama terjadi pada pegolf profesional Tiger Woods. Setelah kehidupan asmara ekstramaritalnya terkuak, Woods ditinggal sponsor-sponsor utama dan kehilangan nama baik yang telah dibangunnya selama bertahun-tahun.

Rhea Rhysdale dari firma pemasaran internet Outspoken Media menyarankan agar tokoh-tokoh yang telah tercemar namanya memanfaatkan internet untuk mengembalikan imaji positif. Berikut langkah yang bisa diambil seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN:

1. Permudah akses

Dalam kasus Woods, Rhsydale mengatakan bahwa pegolf ini harus lebih terbuka, jujur, dan proaktif. Setelah langkah tepatnya memasuki rehabilitasi, Woods sebaiknya membuat dirinya lebih mudah dijangkau pers dan penggemarnya, agar mereka mengetahui dia belajar dari pengalamannya.

2. Tampil di Media
Selain mengambil langkah seperti minta maaf dan memperbaiki diri, Rhysdale mengimbau agar figur publik atau siapa pun yang tanpa sengaja mencoreng nama baiknya untuk segera dan sesering mungkin memberi keterangan kepada media massa. Ini akan membuat berita-berita baru yang dapat menenggelamkan berita lama yang kontroversial.

3. Pergunakan Blog dan Jejaring Sosial Semaksimal Mungkin
Jika figur tersebut memiliki blog, gunakan blog itu untuk memberi penjelasan dan terus ungkapkan penyesalan. Selain itu, manfaatkan Twitter dan Facebook. Segera menutup akun di jejaring sosial setelah kontroversi merebak bukan pilihan tepat.

Pembicaraan mengenai kesalahan akan berlangsung satu arah dan membentuk bola es yang justru akan semakin menjatuhkan figur tersebut. Rhysdale mengusulkan agar figur yang 'terhina' itu melibatkan diri dalam percakapan di dunia maya mengenai dirinya. Hal ini dapat membangkitkan simpati dan menarik kembali penggemar-penggemar yang merasa dekat dengan idolanya.

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar
Rumi Alqhatani

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant

Saudi Arabia will participate in Miss Universe 2024 for the first time in the pageant’s history.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024