Agar Tetap Kompak dengan Anak

VIVAnews - Menghadapi putra dan putri yang beranjak dewasa memang sedikit rumit. Jalan pikiran mereka makin berkembang dan Anda tidak bisa terlalu memaksa atau melepaskannya begitu saja.

Seringkali saat berbicara dengan mereka, sebagai orang tua, Anda merasa tidak "nyambung". Tentunya hal ini menghambat komunikasi dan jika dibiarkan, Anda semakin tidak memahami jalan pikirannya. Agar tetap bisa mengerti bagaimana pemikiran anak remaja Anda, cobalah trik berikut.

1. Anak remaja suka kenekatan
Sikap dan kondisi psikologis anak remaja cenderung belum stabil. Mereka bisa mengekspresikan segala hal, mulai dari kemarahan, kesenangan, atau kesedihan secara berlebihan. Jadi, berusahalah memahami "kenekatan" dan "kegilaannya". Bersikaplah tenang saat menghadapinya, dan bukan dengan emosi yang tinggi.

2. Bergaul
Saat baru memiliki anak pertama, Anda membaca berbagi buku perawatan bayi. Nah, saat anak beranjak dewasa, bacalah juga apa yang dibacanya. Mulai dari majalah hingga novel favoritnya. Pelajari atau setidaknya kenali bagaimana pergaulan anak Anda. Hal yang tidak kalah penting adalah, mengetahui aktivititasnya di dunia maya. Bertemanlah dengannya di Facebook dan menjadi followernya di Twitter. Tapi ingat, bersikaplah seperti orang tua bukan mata-mata.

3. Jangan berlebihan
Emosi anak remaja cepat tersulut. Jadi, berhati-hatilah dalam bersikap atau mendisiplinkannya. Mungkin menurut Anda teguran yang dilontarkan padanya adalah hal biasa, tetapi itu bisa membuatnya kabur dari rumah. Hindari berteriak keras padanya apalagi memukulnya. Jika memang ada masalah jangan bersikap berlebihan.

Jalin Sinergi Pengawasan dengan Kepolisian, Bea Cukai Mataram Raih Penghargaan

Hadapi anak remaja Anda, seperti orang dewasa dan bukan anak kecil yang bisa langsung diperingati tanpa alasan. Jika Anda memang melarangnya, ungkapkan alasan kuat yang bisa diterimanya. Berikan ia waktu sebelum mengatakan "iya", karena mereka membutuhkan waktu lebih untuk mencerna alasan yang Anda ungkapkan.

4. Hati-hati saat adu argumen
Remaja akan menjadi lebih menentang, jika menemui hal yang mereka anggap tidak adil. Jangan kaget jika putra atau putri Anda menjadi pendepat yang luar biasa. Jika memang sikap mereka baik, berikanlah tanggung jawab dan kepercayaan. Masa ini sangat penting, untuk membentuknya menjadi pribadiĀ  bertanggung jawab. Jangan menganggap jika mereka membantah adalah sebuah sikap kurang ajar. Kuncinya adalah, berikan alasan yang kuat hingga mereka tidak mungkin membantah perintah Anda.

Tiba di Istana, Bos Apple Tim Cook Langsung Rapat dengan Jokowi

Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, pagi ini, Rabu, 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024