Cengkeh Berkhasiat Awetkan Makanan

VIVAnews - Cengkeh memiliki anti oksidan tinggi karena terdapat kandungan senyawa phenolic. Anti oksidan memiliki arti penting untuk menjaga makanan tetap segar. Maka, kandungan cengkeh memiliki dampak yang besar terhadap industri makanan.

Demikian tim peneliti di Spanyol atas hasil riset mereka mengenai khasiat cengkeh. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Flavour and Fragrance edisi terbaru, yang menyebutkan bahwa rempah-rempah ini sebagai antioksidan alami terbaik.

Disamping itu, rempah-rempah juga dipercaya baik untuk kesehatan. Profesor Juana Fernandez Lopez dari Universitas Miguel Hernandez, Spanyol, mengatakan bahwa cengkeh memiliki kemampuan tertinggi untuk melepaskan hidrogen, mengurangi senyawa kimia dengan baik serta menghilangkan zat besi yang tidak baik untuk kesehatan.

Lopez juga menjelaskan, oksidan alami yang terkandung dalam cengkeh dipilih kalangan industri makanan sebagai bahan pengawet, dengan syarat tidak mempengaruhi karakteristik makanan. "Zat ini menunjukkan kapasitas antioksidan tinggi, dan dapat memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan," ujar Lopez.

Selain dipergunakan unuk mengawetkan makanan, menurut Lopez, cengkeh juga digunakan dalam program diet ala Mediterania, dimana cengkeh terkandung dalam oregano, thyme, rosemary dan sage.

Saat ini, kata Lopez, di Mediterania sedang dilakukan penelitian guna mencari tahu apakah jenis rempah-rempah ini dapat digunakan sebagai antioksidan alami dalam produk makanan, terutama daging.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia
Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024