Hati-hati, Gendut Karena Buah

VIVAnews - Selama ini buah dianggap makanan yang paling tepat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Tetapi hati-hati, jika dikonsumsi secara berlebihan, buah malah bisa membuat berat badan melambung.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Imperial College London, mengungkap buah yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan berat badan dan merusak gigi. Hal itu karena sebagian besar buah mengandung fruktosa (gula buah) dan kalori. Mengonsumsi fruktosa, membuat perut tidak merasa kenyang, sehingga orang yang banyak makan buah, cenderung akan memakannya dalam jumlah banyak atau mencari makanan lain hingga terasa kenyang.

Hal ini sangat berbahaya bagi penderita obesitas, diabetes atau kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. Buah juga bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah, yang berbahaya bagi penderita diabetes dan meningkatkan trigliserida, yang menambah beban jantung dan pembuluh darah.

"Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan mengonsumsi banyak buah. Hal itu tidak berhasil karena buah dikonsumsi terlalu banyak, dan kalori pun bertambah, berat badan juga meningkat," kata Dr. Carel Le Roux, konsultan metabolisme medis di Imperial College London, seperti vivanews kutip dari Daily Mail.

Risiko lainnya, dari mengonsumsi terlalu banyak buah adalah, kerusakan gigi. Kandungan fruktosa pada buah bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, jika tidak segera dibersihkan. Gigi juga rentan terhadap asam dari buah jeruk, yang dapat melunakkan enamel gigi. Meskipun enamel akan mengeras lagi setelah sekitar 30 menit, jika Anda sikat gigi segera setelah minum jus jeruk, risiko enamel akan terangkat sangat tinggi dan bisa memicu erosi gigi.

Menurut para peneliti, penelitian ini bukan untuk mencegah orang mengonsumsi buah. Tetapi, konsumsilah buah dalam porsi yang sewajarnya. Lalu, jika mengolah buah menjadi jus akan lebih baik jika tidak ditambahkan gula. Karena, buah sudah memiliki rasa manis alami, dan kombinasikan buah dengan sayuran hijau.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024