« Kembali
10 Penyakit Mematikan Ancam Wanita (II)
Kenali lebih jauh tentang 10 penyakit mematikan ini, dan cara pencegahannya.
Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Rabu, 24 Maret 2010, 17:36 WIB
Sakit Perut (inmagine.com)
Sakit Perut (inmagine.com)

VIVAnews - Ada banyak penyebab kematian utama pada wanita. Tak hanya kanker payudara, wanita juga rentan menderita penyakit mematikan lainnya.

Meski demikian, penyakit mematikan ini masih dapat dicegah dengan cara melakukan gaya hidup sehat. Dr. Jane Smith, profesor dari Royal Australian College of General Practitioners mengatakan, "Anda tidak bisa lolos dari riwayat penyakit keluarga. Tapi, seringkali gaya hidup Anda yang tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit mematikan ini," katanya.

Karena itu, kenali lebih jauh tentang 10 penyakit mematikan ini, dan cara pencegahannya.

6. Penyakit paru obstruktif kronik
Penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan di paru-paru, sehingga sebagian saluran udara terhambat. Akibatnya, sulit untuk bernapas. Tiga perempat dari kematian dikaitkan dengan rokok, sedangkan penyebab lain meliputi infeksi saluran pernapasan, polusi udara dan pekerjaan debu dan bahan kimia.

Pencegahan: Hindari merokok, dan menjaga gizi yang baik. Jika memiliki masalah paru-paru, ada baiknya mendapatkan vaksinasi influenza setiap tahun.

7. Influenza
Infuenza adalah sebuah virus umum yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Biasanya, gejala flu ditandai dengan demam tinggi dan sakit tenggorokan. Jika tidak diatasi dengan tepat, flu yang berkepanjangan bisa menyebabkan radang paru-paru dan radang otak atau jantung.

Meskipun tidak menular, penyakit ini bisa dibilang fatal, terutama jika Anda berusia di atas 65 tahun atau dalam kelompok berisiko tinggi (wanita hamil). Epidemi influenza umumnya terjadi setiap tiga tahun sekali, dan pandemik jauh lebih sedikit secara teratur.

Pencegahan: imunisasi tahunan dianjurkan bagi mereka yang berisiko. Kebersihan, masker wajah dan pola makan yang sehat membantu meminimalkan risiko.

8. Diabetes
Diabetes melitus adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal. Ada tiga tipe (tipe 1, tipe 2 dan kehamilan), tetapi tipe 2 adalah yang paling umum dan cepat berkembang.

Prevalensi kasus baru penyakit ini meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ini. Dan, jika tidak terdeteksi atau kurang terkontrol dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, amputasi, serangan jantung dan stroke.

Pencegahan: lakukan kontrol gula darah secara rutin. Pertahakan berat badan ideal, perbanyak makanan berserat dan berolahraga teratur.

9. Kanker usus
Kanker yang istilah medisnya kolorektal ini mempengaruhi usus besar dan rektum. Penyakit ini termasuk tipe kanker kedua yang paling umum dialami wanita.

Pencegahan: hindari kondisi obesitas dan stop merokok. Pemeriksaan dianjurkan dari usia 55 tahun. Diet dan olahraga dapat mencegah hingga 75 persen dari kasus.

10. Penyakit ginjal kronis
penyakit ini ditandai dengan kondisi ginjal yang rusak. Jika tidak diobati, tahap akhir penyakit ginjal dapat membunuh dalam hitungan minggu. Selama 25 tahun ini, kasus penyakit ini meningkat 3 kali lipat.

Pencegahan: Risiko Anda meningkat jika mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, glomerulonefritis (radang ginjal pembuluh darah kecil), infeksi saluran kemih atau keracunan obat. Namun, usia, genetika, jarang berolahraga dan merokok juga berperan meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

sebelumnya ...

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id