« Kembali
Sepatu Terunik Sepanjang Masa
Sepatu diciptakan dengan beragam simbol seperti ketenangan jiwa hingga gaya hidup.
Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila
Kamis, 25 Maret 2010, 08:03 WIB
Sepatu Mendaki Awan (oddee.com)
Sepatu Mendaki Awan (oddee.com)

VIVAnews - Sudah sejak berabad-abad lamanya, alas kaki menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Bukan hanya sebagai pelindung kaki, namun juga gaya hidup.

Sejumlah alas kaki malah sengaja diciptakan sebagai simbol kepercayaan. Berikut beberapa jenis sepatu unik yang pernah lahir dari berbagai masa. 

Sepatu Zaman Es

Sepatu Zaman EsWalaupun para arkeolog kesulitan menentukan kapan tepatnya manusia berhenti bertelanjang kaki, diperkirakan sepatu pertama muncul antara 40 ribu-26 ribu tahun lalu. Pada zaman es, manusia memanfaatkan sepatu untuk alas kaki saat berburu binatang.

Jenis sepatu yang dipakai manusia saat itu berupa lilitan kulit kayu yang ditemukan di pegunungan Alpen Prancis. Bentuknya masih sangat sederhana dan sangat terbuka sehingga belum melindungi kaki seperti pada sepatu yang ada saat ini. Model inilah yang kemudian berkembang menjadi sepatu gladiator.

Sepatu Kharam

Sepatu KharamBentuk sepatu dengan paku di daerah telapak kaki memang terlihat sangat menyiksa, namun diyakini mampu memberi kedamaian bagi pemakainya. Sepatu ini sengaja memakai kayu sebagai elemen utama, karena dianggap unsur murni bumi yang dapat mengeluarkan kotoran.

Alas kaki yang dikenal dengan sebutan Kharam ini banyak dipakai orang-orang kudus, para sarjana dan guru India di masa lalu. Tak heran jika patung dewa dan setengah dewa di negara itu memakai Kharam. Orang India kuno percaya, pemakai Kharam berarti ada di jalan kebajikan dan pemurnian.

Sepatu ini dipakai untuk memberikan ketenangan pikiran dan mengendalikan indera manusia. Pasak-pasak yang tersebar di sekitar jemari kaki dipercaya mampu memijat titik-titik tertentu yang memberi ketenangan jiwa. 

Sepatu 'Mendaki Awan'

Sepatu Mendaki AwanSepatu yang satu ini berbentuk wedges dengan bagian ujung menjulang. Sepatu yang diciptakan pada zaman China kuno itu dikenal dengan sebutan sepatu 'mendaki awan'. Sepatu dengan model tertutup itu menjadi alas kaki para wanita di Istana Kaisar Manchu.

Alas wedges berwarna putih dengan bagian ujung menjulang itu membuat pemakainya bagaikan melangkah dan berdiri di atas awan. Alas sepatu itu terbuat dari kayu setinggi 12 sentimeter dengan sol bagian dalam berupa kulit sapi. Khusus untuk permaisuri kaisar, penutup kaki dibuat dari bordiran sutera dengan desain lukisan awan kerajaan.

bersambung ...

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id